Misdinar St Tarsisius Bengkong: Menghidupi Tiga Bintang dalam Keceriaan

Oleh L V Evy Puspitosari
Oleh L V Evy Puspitosari (Fasilitator AsIPA St. Damian)

Bengkong-BerkatNews.com. Setiap umat Allah di Keuskupan Pangkalpinang diutus untuk mengimplementasikan visi-misi Keuskupan ini, yaitu berpusat pada Kristus, berkomunio dan bermisi. Tidak terkecuali anak-anak dan remaja yang sudah dibaptis. 

Setelah seseorang dibaptis, seseorang akan dihapuskan dari dosa asal, masuk sebagai anggota gereja, dan diangkat menjadi keluarga Allah. Sebagai keluarga Allah, seseorang yang sudah dibaptis diangkat sebagai ahli waris kerajaan surga, dan diberi martabat sebagai Raja, Imam dan Nabi. Tetapi selain itu, setiap orang yang sudah dibaptis juga diberi tanggung jawab untuk melaksanakan 5 tugas perutusan gereja, salah satunya adalah Liturgia (Perayaan Iman).

img-20160913-wa0017Perayaan Ekaristi bisa berjalan dengan lancar jika semua petugas liturgi menjalankan tugasnya masing-masing dengan baik, termasuk petugas Misdinar/ Putra Putri Altar. Peran mereka melayani Pastor dalam mempersiapkan peralatan Misa, sangat diperlukan.

Mereka adalah anak-anak yang terus bertumbuh, oleh karena itu sangat diperlukan adanya kaderisasi. Setiap tahun, sesudah Penerimaan Komuni Pertama, Komunitas Misdinar Tarsisius Paroki Santo Damian Batam, menerima anggota misdinar yang baru. Dengan ini diharapkan ketersediaan misdinar selalu berkesinambungan.

img-20160913-wa0019Jumlah misdinar yang terdaftar hingga saat ini berjumlah sekitar 120 anak, dan 50%nya adalah misdinar baru, yang baru bergabung pada bulan Juni lalu. Komunitas ini dikoordinasi oleh kak Vivi (Savitri), kak Putri dan ibu Theresia Dana. Ketiganya dibantu oleh 15 kakak pendamping. Mereka melaksanakan 3 bintang  (berpusat pada Kristus, berkomunio dan bermisi)  bersama-sama dalam keceriaan.

Mereka mengadakan pertemuan setiap Minggu sore, jam 15:00 wib. Minggu ke-1, 2, 3, 4 dan 5 untuk misdinar baru, dan minggu ke-1, 2 dan 3 untuk misdinar lama. Pertemuan pada minggu ke-4 dan ke-5, lebih ditekankan untuk pelatihan bagi anggota baru. Agenda kegiatan mereka beraneka ragam, seperti dinamika kelompok, sharing, berdoa bersama, latihan, rekoleksi. Tarsisius day (memperingati hari Santo pelindung) Tarsisius hunter (outing), Tarsisius funday (talk show) dan baksos.img-20160913-wa0016

Kebersamaan dalam keceriaan mereka lakukan bersama-sama, untuk bersatu dengan Kristus, membangun keakraban, berlatih dan melayani Tuhan dalam kegembiraan.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *