Sambutan Angelo Fernandus

Gagasan awal pembangunan dan pengembangan tempat ziarah Maria Bunda Pembantu Abadi di Galang ini adalah agar situs peninggalan saudara-saudara dari Vietnam yang ada di Pulau Galang dapat dilestarikan sehingga bermanfaat bagi perkembangan iman umat maupun bagi saudara-saudara dari Vietnam yang pernah menetap di Pulau Galang maupun mereka yang memiliki keluarga yang pernah menetap di Pulau Galang. Selain itu, Pulau Galang dan Pulau Batam juga memiliki sejumlah tempat wisata yang dapat dikembangkan untuk para wisatawan baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Khusus di Pulau Galang, sejarah kemanusiaan yang sangat mengagumkan telah berhasil ditorehkan oleh bangsa Indonesia dan Gereja. Di Pulau Galang, saudara-saudara dari Vietnam pernah menggoreskan pengalaman sebagai perantau, hidup dalam ketakutan dan keterasingan, dalam duka dan kecemasan, dan ketiadaan harapan. Tetapi disana pula, mereka boleh merasakan apa arti setetes cinta. Dalam cinta mereka boleh mendapatkan tumpangan ketika menjadi orang asing, harapannya dikuatkan ketika dilanda rasa cemas dan putus asa, masa depannya dibangun ketika mereka tak berdaya dalam ketidakpastian. Di Pulau Galang pula, saudara-saudara mereka dari Indonesia tidak memperlakukan mereka sebagi perantau, sebaliknya menempatkan mereka sebagai peziarah. Ada persaudaraan sejati yang dibangun, ada cinta yang dirakit bersama.

Persaudaraan sejati yang telah dibangun tersebut haruslah terus kita lestarikan melalui pembangunan dan pengembangan tempat ziarah ini. Pembangunan dan pengembangan tempat ziarah Maria Bunda Pembantu Abadi di Galang tersebut tentu tidak akan terwujud apabila tidak didukung oleh Anda semua. Kami yakin dan percaya bahwa doa dan bantuan yang tulus dari Anda semua akan sangat bermanfaat.

Angelo Fernandus
Koordinator Tim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *