Home INKLUSIF Gereja Katolik di Batam Gelar Buka Puasa Bersama GP ANSOR

Gereja Katolik di Batam Gelar Buka Puasa Bersama GP ANSOR

by Stefanus Lopis

Momentum perjumpaan umat Muslim dan Katolik ini sebagai kesempatan mempererat dan memperluas persaudaraan antar umat beragama.

BATAM, BERKATNEWS– Gereja Katolik Paroki Kerahiman Ilahi Tiban di Kota Batam menyelenggarakan silaturahmi sekaligus buka puasa bersama Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sekupang di gedung serbaguna Paroki setempat, Minggu (26/3).

Silaturahmi sekaligus buka bersama tersebut dalam rangkaian kegiatan Paskah dan Lustrum III paroki yang bertepatan dengan datangnya Bulan Suci Ramadhan.

Kegiatan bertemakan “Hendaklah Kamu Murah Hati” ini dihadiri Pengurus Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Sekupang, Pengurus dan Anggota GP Ansor/Banser Sekupang, Pemuda Katolik Komisariat Anak Cabang (Komac) Sekupang, Camat Sekupang diwakili Lurah Patam Lestari, Kapolsek Sekupang, WKRI Cabang Tiban, Muslimat NU Sekupang, Fatayat NU Sekupang, para Ketua KBG, Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Kerahiman Ilahi, serta DPP Paroki Kerahiman Ilahi.

Foto bersama di sela acara Bukber bareng GP Ansor Sekupang, Batam. (Foto: Cosmas)

Pastor Paroki Kerahiman Ilahi, Romo Herbertus Mangkur, CS dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada tamu undangan warga Muslim di Sekupang yang telah berkenan hadir dalam acara buka bersama ini.

“Momen bulan suci Ramadhan ini, kami umat Katolik di Tiban ingin menjalin silaturahmi melalui buka bersama, sekaligus rasa syukur kami atas Lustrum ketiga. Mewakili umat Katolik di Paroki ini, kami mengucapkan terimakasih atas kehadiran saudara-saudari kami umat Muslim, semoga persaudaraan ini tetap terjaga,” kata Romo Ndino, sapaan akrab Romo Herbertus Mangkur.

Foto: Cosmas

Pada sesi sarasehan dan diskusi, Romo Vincenslaus Ino yang juga Ketua Komisi Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan (HAAK) Kevikepan Utara Keuskupan Pangkalpinang memaparkan kaidah murah hati menurut Injil Lukas 6:36 yang memiliki dua aspek yaitu mengasihi sesama dan mengampuni sesama.

“Ini merupakan standard hidup orang percaya yang mencerminkan sifat Bapa dan Kristus. Dengan hidup bermurah hati orang percaya akan memperoleh kemurahan dari Allah sendiri. lebih dari itu dengan bermurah hati orang orang di sekitar kita akan melihat dan ikut merasakan kemurahan hati Allah,” tutur Romo Vins.

Ketua MWC NU Sekupang, KH Muhammad Asrori, S.Ag memaknai momentum perjumpaan umat Muslim dan Katolik ini sebagai kesempatan mempererat dan memperluas persaudaraan antar umat beragama.

“Dengan terjalinnya silaturahmi yang baik kepada sesama manusia, ada banyak manfaat yang bisa dipetik, selain mendapatkan ridho Allah SWT dan memperluas tali persaudaraan, silaturahmi juga mampu melapangkan rezeki,” tukas Kyai Asrori.

Diskusi bersama sembari menunggu waktu berbuka puasa bersama.

Setelah acara sarasehan dilanjutkan dengan buka bersama. Konsumsi disiapkan oleh ibu-ibu Muslimat NU dan Fatayat NU Sekupang.

Yohanes Adi Putra, Ketua Pemuda Katolik Komac Sekupang berharap jalinan silaturahmi yang telah terjalin dapat semakin luas ditularkan ke paroki-paroki lain.

“Terjalinnya silaturahmi dan kedekatan dengan saudara-saudari lintas iman, merupakan wujud Gereja itu sendiri yang harus inklusif dan terbuka kepada masyarakat,” tambah Adi yang juga lawyer di Batam.

Ketua Panitia acara, Maximus Kota menyampaikan terimakasih atas sambutan baik dari sahabat-sabahat NU dan Banomnya.

“Kami juga sedang persiapan untuk Paskah, nanti biasanya kami juga akan bersama-sama sahabat Ansor-Banser jaga keamanan,” tambah Maximus didampingi Budi Yono, Ketua Ansor Sekupang usai acara.

Cosmas Eko Suharyanto

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.