Home BERITA Keren! Wujudkan Tahun Misi, KBG St Yoseph Tanjungpandan Adakan Donor Darah Untuk Masyarakat Umum

Keren! Wujudkan Tahun Misi, KBG St Yoseph Tanjungpandan Adakan Donor Darah Untuk Masyarakat Umum

by Stefan Kelen

Tanjungpandan, BerkatNews.com—Tahun 2022 ini, Keuskupan Pangkalpinang menetapkannya sebagai Tahun Misi, Peduli dan Solider. Bagai gayung bersambut, Komunitas Basis Gerejani (KBG) St Yoseph yang berada di Paroki Regina Pacis Tanjungpandan, mengadakan Aksi Solidaritas berupa Donor Darah.

umat dan pastor ikut donor darah

β€œPada tahun misi 2022 ini, sebagai wujud sikap solider dan peduli terhadap sesama, KBG Santo Yoseph mengajak umat Paroki Regina Pacis untuk ambil bagian dalam kegiatan bakti sosial donor darah,” ujar seorang KBG St Yoseph Tanjungpandan, Eugenia.

Tampak umat paroki satu-satunya di Negeri Laskar Pelangi itu begitu antusias menanggapi kegiatan bakti sosial itu.Β β€œMengacu pada laporan panitia yang diterima media ini, total peserta terdaftar adalah 44 orang. KBG St Yoseph sendiri ada 10 orang. β€œDari KBG St Cicilia, ada 4 orang, KBG St Stefanus ada 4 orang, dan KBG St Monica ada 3 orang,” ungkap Eugenia.

Tidak hanya itu. Pasalnya menurut Eugenia lagi, dari KB Fransiskus Xaverius Pilang ada 3 orang, St Thomas Aquino pun ada 3 orang. β€œMasih ditambah St Don Bosco ada 2 orang, St Ignatius Loyola ada 1 orang, dan dari wilayah St Theresia Kampit pun ada seorang umat yang ikut donor darah,” ungkap umat dari KBG St Yoseph Tanjungpandan ini.

Uniknya, kata Eugenia, ada hal yang luar biasa yang terjadi dalam moment itu. Eugenia mengakui, ternyata masyarakat umum begitu antusias untuk bakti social itu.Β  “Dilihat dari jumlah warga umum yang donor darah, Β malah lebih banyak dibandingkan utusan dari KBG, jumlahnya 13 orang,” tuturnya.

Panitia dan Hanafi (masyarakat umum)

Eugenia juga menginformasikan kan bahwa salah satu sosok masyarakat umum yang terlibat di dalam kegiatan solider ini adalah Hanafi. “Hanafi ini, masyarakat umum yang ikut ambil bagian dalam aksi solider ini. Dia sudah 95 kali donor darah,” tutur Eugenia.

Menanggapi aksi solidaritas ini, Romo Parokus, RD Fransiskus Paskalis Maing memberi apresiasi lewat pesan di WAG Paroki Regina Pacis. β€œTerimakasih KBG St Yoseph karena sudah menghadirkan wajah GerejaΒ  universal yang peduli dan solider,” ungkap Romo Frangki.

Mungkin pembaca di luar Keuskupan Pangkalpinang ingin mengenal KBG St Yoseph Tanjungpandan ini. KBG ini dihuni oleh keluarga-keluarga yang sibuk, tetapi untuk aksi solider pada tahun Misi ini merekalah KBG pertama di Regina Pacis lah yang melakukan.

Keluarga katolik yang masuk KBG ini adalah mereka yang yngg tinggal di jalan Siburik, jalan Dewi Sartika,Β  daerah sekitar Pelabuhan, jalan Endek, jalan Gegedek, jalan Yos Sudarso, jalan Merdeka Bawah dan sekitarnya. (sfn)

kontributor : Nia

 

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.