Home BERITA Umat Sta. Bernadeth Bersyukur, Bersukacita, dan Berjalan Bersama Merayakan 100 Tahun Keuskupan Pangkalpinang

Umat Sta. Bernadeth Bersyukur, Bersukacita, dan Berjalan Bersama Merayakan 100 Tahun Keuskupan Pangkalpinang

by Alfons Liwun

Moment HUT Paroki XVI, sebuah kesempatan yang bagus kita merayakan 100 Tahun Keuskupan Pangkalpinang. Kita menghayati tema “Bersyukur, Bersukacita, Berjalan dan Bersama”, ungkap pastor paroki, RD. Yosef Setiawan pada suatu kesempatan rapat panitia HUT Paroki.

Pukul 09.00 pada 8 Oktober 2023, tak seperti biasa. Umat berbondong-bondong ke gereja agak siang, biasanya pada pukul 07.00 setiap minggu. Umat dari ke-23 KBG yang bernaung dalam Santa Bernadeth merayakan hari ulang tahun berdirinya paroki ke-16 tahun.

Di halaman depan pastoran, berbaris para petugas liturgi berseragam liturgis, ke-23 ketua atau utusan dari KBG-KBG berdiri dengan pemegang vandel pelindung KBG. Sementara kesembilan imam masih dalam aula paroki sedang mengenakan busana liturgis yang siap untuk berarak menuju pintu depan gereja. Di dalam gereja, suara koor Gregorius Caesilia (GC) dengan suara merdu melantunkan lagu pembuka, para imam, petugas liturgis dan arakan pembawa vandel pelindung KBG menandai memasuki gereja.

RD. Yosef Setiawan, parochus Paroki Sta. Bernadeth berpose bersama para ketua KBG yang sedang memegang vandel KBG-nya (foto:dokparokibernadeth)

Rm. Marsen Damanik dalam pengantar, mengajak seluruh umat Paroki Sta. Bernadeth, bersyukur, bersukacita dan berjalan bersama baik sebagai umat paroki ini karena paroki kita selama 16 tahun Allah terus menyertai kita semua dalam satu umat Allah, dalam KBG-KBG dan dalam wilayah-wilayah. Juga kita bersyukur atas 100 tahun keuskupan dan bersukacita karena telah berjalan bersama sebagai umat satu keuskupan Pangkalpinang selama ini. Kita telah berjalan bersama menjadi Gereja Partisipatif-Sinodal. Kita juga bersyukur dan bersukacita karena telah berjalan bersama Rm. Iwan Murjoko 7 tahun di paroki kita ini. Semuanya ini, berkat rahmat Allah yang kita iman bersama selama ini.

Para Imam yang ikut perayaan berphoto bersama para petugas liturgi (foto:dokparokibernadeth)

Dalam kotbah, Rm. Yosef Setiawan menegaskan tentang partisipasi umat selama ini. Partisipasi umat dalam melakukan evaluasi diri di KBG-KBG dan kelompok-kelompok kategorial dan lembaga hidup bhakti. Peran fasilitator pun sangat penting dalam proses ini. Semuanya itu, kita patut bersukacita; kita tetap berkomitmen untuk tetap berjalan bersama menjadi Gereja Partisipatif-Sinodal.

Perayaan Ekaristi HUT ke-16 Paroki Santa Bernandeth kurang lebih hampir 1,5 jam ini berlangsung secara meriah dan hikmad, yang ditutup dengan lagu syukur 100 tahun keuskupan Pangkalpinang yang dibawahkan oleh peserta pemenang lomba KBG berdendang, KBG St. Yakobus, Krakas. Setelah perayaan Ekaristi, seluruh umat melangsungkan pesta umat di halaman gereja dan pastoran.

RD. Iwan Murjoko berphoto bersama seksi Acara HUT Paroki (foto:dokparokibernadeth)

Dihalaman gereja telah disiapkan tenda. Di depan pastoran disiapkan tempat duduk dan podium acara. Tempat ramah tamah dikeliling dengan kue-kue hasil olahan setiap KBG sebagai hasil bumi untuk HUT ke-16 Paroki. Tidak hanya ini, bnyak doorprize pun telah disiapkan oleh panitia HUT Paroki yang siap dibagikan kepada siapapun jika nomor kupon yang cocok yang dipanggilkan oleh MC. Bahkan sambil makan minum, MC mulai menyebut nomor undian.Doorprize begitu banyak, mudah-mudahan saya dapat salah satunya, ungkap seorang anak kecil yang tak mau disebut namanya yang sedang berteduh disamping gereja.

Ke-9 Para Imam konselebrasi dalam HUT Paroki XVI (foto:dokparokibernadeth)

Menurut ketua Panitia HUT Paroki ke-16, Mas Vincent, menginformasikan kepada crew Berkatnews, bahwa perayaan ekaristi hari ini (08/10) sebagai puncak perayaan HUT, ada serangkaian acara yang sebelumnya telah dilaksanakan. Pada tanggal 2 September sampai dengan 1 Oktober 2023, diselenggarakan perlombaan Gaple lintas KBG; tanggal 14 September 2023: umat Paroki berziarah Ke situs makam Chen Ong Ngi di Sungai Selan; tanggal 17 September dilaksanakan pelatihan Lektor, Mazmur dan Menghias di Gereja Paroki; tanggal 24 September 2023: dilakukan perlombaan KBG Berdendang di Gereja Paroki dan 1 Oktober 2023: hampir 900-an umat yang ikut dalam Jalan sehat. Setelah jalan sehat, seluruh umat berkumpul dihalaman gereja untuk menjalankan senam bersama, donor Darah, dan pemeriksaan gratis gula darah bagi siapapun. **al*vct***

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.