Ternyata Frans Seda Pernah Menasihati Umat Asal Flores di Tanjungpinang

Tanjungpinang, BP—Membuka arsip media cetak sederhana milik Keuskupan Pangkalpinang, ternyata ada-ada saja kisah yang bernilai berita untuk media besar.

Pasalnya dalam dokumen berkat tahun III, No 1 tahun 1970, memuat catatan menarik tentang tokoh nasional yang mengunjungi   Paroki Tanjungpinang.

Menarik, karena dalam arsip itu, ada kisah tentang orang penting di negeri ini pada jaman Orde Lama maupun Orde Baru yang ketika itu mengunjungi umat di Paroki yang meliputi pulau-pulau di Kepulauan Riau itu.

Tokoh itu, tak lain adalah Frans Seda. Seorang ekonom, asal Flores, Nusa Tenggara Timur.  Tepatnya, 19 Juni 1969, Frans Seda diceritakan dalam arsip itu, sempat singgah di Tanjungpinang, Pulau Bintan.

“Dan pada tgl 19 Djuni j.l. menteri Frans Seda singgah di Tj. Pinang dan sempat memberi pesan kepada umat di tempat itu,” tulis Berkat Tahun III/No 1/1970 halaman 14.

Lantas, dalam arsip Majalah Keuskupan Pangkalpinang ini pun tercatat bahwa Menteri Frans Seda juga mengajak 200 lebih umat asal Flores untuk rajin bekerja.

“Lebih dari 200 umat orang Flores berkumpul untuk mendegarkan pesan Bapa Frans Seda : Tjobalah kerdja radjin untuk membantu membangun negara dan hendaklah setia dalam agamamu,” tulis Berkat tahun 1970 itu.  (Fadli)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.