Home BERITA Empat Tahun Lalu, Ketika Tahta itu Mulai Tidak Lowong Lagi

Empat Tahun Lalu, Ketika Tahta itu Mulai Tidak Lowong Lagi

by Stefan Kelen

Kompleks Keuskupan, BERKATPAPIN—Hari ini, empat tahun yang lalu, tepatnya 23 September 2017, belasan ribu orang berkumpul Stadion Sepak Bola Depati Amir Pangkalpinang menjadi saksi bagi peristiwa historis Keuskupan Pangkalinang. Ketika itu, Pastor Dr Adrianus Sunarko, OFM ditahbiskan menjadi Uskup Keuskupan Pangkalpinang.

Majalah BERKAT Edisi Tahbisan Uskup Mgr Adrianus OFM

Lantas, pada cover BERKAT, Majalah Keuskupan Pangkalpinang tertulis judul β€œTahta itu…Tidak Lowong lagi.” Penantian umat Keuskupan Pangkalpinang akan hadirnya seorang gembala sebagai pengganti Mgr Hilarius Moa Nurak SVD terjawab sudah. Bapak Suci telah menunjuk Mgr Adrianus Sunarko, OFM sebagai Uskup Keuskupan Pangkalpinang,” seperti dilansir majalah BERKAT 10-11/Tahun XLIX Edisii Okt-Nov 2017 halaman 7.

Ketika itu, Mgr Ignatius Kardinal Suharyo juga memberikan testimoninya dan dimuat dalam majalah BERKAT edisi special itu. β€œBagi saya sendiri, motto Mgr Adrianus sangat menarik dan kiranya sangat sesuai, di mana ia diangkat dan ditugaskan sebagai seorang Uskup, gembala umat di Keuskupan yang wilayahnya menyebar di pulau-pulau,” ungkap Ketua KWI ini yang dikutip BERKAT saat itu.

β€œMungkin padanan yang pas bagi Mgr Adrianus, yang juga satu kampung dengan saya, adalah, harus berbau seperti ikan asin. Hal ini semoga lebih sesuai mengingat daerah kepulauan berarti daerah yag banyak ikannya,” imbuh Mgr Kardinal dalam BERKAT.

Lantas, Mgr Aloysius Sudarso, SCJ dalam nada yang lebih melankolis, mengungkapkan bahwa Mgr Adrianus adalah jawaban kerinduan umat Keuskupan Pangkalpinang setelah wafatnya Bishop of The Sea Mgr Hilarius Moa Nurak SVD.

β€œKini kerinduan seluruh umat Keuskupan Pangkalpinang tentunya terjawab sudah, dengan terpilihnya Mgr Adrianus Sunnarko, OFM sebagai pengganti Mgr Hilarius Moa Nurak SVD,” ungkap Uskup Agung Palembang, seperti dikutip BERKAT Edisi Okt-Nov 2017 itu.

Menurut Uskup Agung Palembang yang beberap masa lagi akan mejadi Uskup Agung Emertus itu, motto Mgr Adrianu itulah sumber semangat kehidupan gereja Keuskupan Pangkalpinang. β€œDari motto kegembalaan Mgr Sunarko, saya mempunyai keyakinan besar akan kelangsungan kehidupan menggereja di wilayah ini,” kata Mgr Aloys Sudarso SCJ di BERKAT.

Sedangkan Yanuarius Wiligis, umat dari Paroki Regina Pacis Tanjungpandan Belitung, berharap agar umat dan para Pastor dapat bergandengan tangan dalam mewujudkan visi dan misi Keuskupan. β€œDengan hadirnya Uskup baru di Keuskupan Pangkalpinang yang memiliki kesederhanaan, rendah hati dan wibawa, harapan kami semoga pastor dan umat saling bergandengan tangan untuk mewujudkan visi dan misi Keuskupan Pangkalpinang yang kita cintai ini, dan sekaligus perubahan kea rah yang lebih baik.,” tutur Yanuarius Wiligis dalam BERKAT.

Romo Vikjen Pangkalpinang dan Para Pegawai di Kantor Keuskupan Mengucapkan Proficiat

Romo Vikaris Jendral atau Vikjen Romo Nugroho SS.CC mewakili para pastor di Keuskupan Pangkalpinang memberikan ucapan ulang tahun ke 4 Episkopal Mgr Adrianus OFM melalui media ini.

Rumo Vikjen dan Bapak Ekonom Keuskupan

β€œSelamay ulang tahun keempat tahbisan episcopal Mgr Adrianus Sunarko, OFM. Semoga karya kegembalaan Monsinyur sangat dirasakan dan mendukung pengembangan iman umat. Apalagi di masa pandemic ini kehadiran Monsinyur melalui jejaring telekomunikasi, melalui youtube, melalui zoom, sunnguh bisa meneguhkan dan menguatkan iman umat,” ungkat Romo Vikjen di Kantor Vikjen Keuskupan Pangkalpinang, Kamis 23 September 2021.

Selanjutnya, Romo yang suka menyisipkan humor dalam kotbahnya mengakhiri ucapan salamnya dengan mengatakan ; β€œProficiat dan Selamat Ulangtahun Bapak Uskup.”

Uacapan prodficiat yang sama dating dari tetangga kantor Romo Vikjen. Tetangga kantor ini adalah Bapak Damian Rahardi, Ekonom Keuskupan Pangkalpinang. β€œBapak Uskup, proficiat atas HUT Episkopal selaku gembala umat di Keuskupan Pangkalpinang,” ungkap Damian.

Ekonom Keuskupan Pangkalpinang ini pun menambahkan, semoga monsinyur sehat, sejahtera dan Bahagia dalam menggembalakan kami semua umat di Keuskupan Pangkalpinang,” imbuh Bapak Damian penuh harap dalam nada doa.

Harapan dan doa yang sama datang dari Ririn dan Vola mewakili pegawai bagian ekonomat. Juga Novi, Niken dan Alfon Liwun mengucapkan salam dan doa yang sama untuk Bapak Uskup.

Para karyawan Kantor dan Dapur Keuskupann pun turut memberikan ucapan

Para karyawati di dapur pun tidak ketinggalan. Mereka berempat, Metty, Ethel, Mbak Tatik dan Mbak Nining pun terlihat bergitu antusias mengucapkan ucapan selamatnya. Juga, tempat yang berbeda, sang Sopir Bapak Uskup, Om Yos tidak ketinggalan menyampaikan ucapan salam dan proficiatnya kepada Yang Mulia Bapak Uskup.

β€œSelamat ulang tahun episcopal yang keempat untuk Mgr Adrianus Sunarko, OFM. Salam dan doa kami, semoga sehat dan Bahagia selalu. Dan semoga pulau-pulau bersukacita. Salam komunio,” begitu isi ucapan salam dan proficiat dari para pegawai di Kantor dan Dapur Keuskupan untuk Mgr Adrianus Sunarko, OFM yang pada hari ultah episkopalnya, sedang berada di Batam. (fadli kelen)

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.