Home Asian Church Paroki Koba Tak Mau Ketinggalan Dalam Menggunakan TPE Yang Baru

Paroki Koba Tak Mau Ketinggalan Dalam Menggunakan TPE Yang Baru

by Stefan Kelen

Koba, BERKATPAPIN—Paroki Santo Fransiskus Xaverius Koba tak mau ketinggalan dalam gerak perubahan Tata Perayaan Ekaristi yang baru. Pada hari Minggu, 19 September 2021, sekitar 60 orang anggota seksi ibadat ilahi dari 35 KBG mengikuti sosialisasi Tata Perayaan Ekaristi, khususnya bagian Buku Umat. Sosialisasi berlangsung dari pukul 15.30 sampai pukul 17.30 WIB.

Pastor Paroki Koba sedang memberi katekese tentang TPE yang baru

Sosialisasi ini dimaksudkan agar anggota seksi ibadat ilahi setiap KBG sudah lebih dulu mengenal dan mengerti Tata Perayaan Ekaristi yang baru. Dengan demikian mereka dapat menerangkan bagian demi bagian perubahan dalam tata perayaan ekaristi yang baru kepada anggota KBG yang lain.

Para pastor di Paroki Santo Fransiskus Xaverius Koba sudah menggunakan buku Tata Perayaan Ekaristi baru sejak akhir Juli 2021.  Setelah belajar bersama mengenai apa saja yang berubah dalam tata perayaan ekaristi yang baru, para pastor memutuskan untuk menggunakan TPE baru.

Agar perayaan ekaristi dengan TPE baru berjalan lancar, para pastor melatih umat sebelum mulai misa, khususnya lagu-lagu anamnese yang jumlahnya 5 lagu. Lagu-lagu anamneses itu semuanya baru. Puji Tuhan, umat paroki koba cepat belajar sehingga tidak mengalami kesulitan.

Dalam sosialisasi Tata Perayaan Ekaristi Buku Umat, ada beberapa bagian penting yang perlu diketahui dengan baik seperti arti simbol tanda salib, tata gerak berdiri, berlutut, membungkuk, menebah dada, menundukkan kepala, mengatupkan tangan, duduk, dan lain-lain.  Selain itu umat perlu mengetahui kerangka tata perayaan ekaristi seperti ritus pembuka, liturgi sabda, liturgi ekaristi dan ritus penutup. Bagian-bagian ini dijelaskan dengan rinci agar umat mengerti betapa indahnya ibadah gereja katolik. (***)

Penulis : RD Aloys Angus

 

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.