Home Headlines Ketua Pemuda Katolik Komda Kepri hadiri Doa Bersama Persiapan Keberangkatan Haji

Ketua Pemuda Katolik Komda Kepri hadiri Doa Bersama Persiapan Keberangkatan Haji

by Alfons Liwun

Berkatnews.com—Batam-Kepri—.Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau Dr. H. Mahbub Daryantio, melaksanakan mujahadah bersama setelah selesai rapat Persiapan Pemberangkatan dan Pemulangan Jemaah Haji Tahun 1443 Hijriah/2022 M di Batam, Sabtu (11/06).

Hadir dalam Mujahadah tersebut, Ketua GP Ansor Kepulauan Riau Rahmat Budi dan Ketua Pemuda Katolik Komda Kepri, Dr. Vandarones Purba, ST., MH.

Plt. Kabid Haji mengatakan mendoakan untuk orang yang akan menjalankan ibadah haji, dapat kita bacakan setiap saat atau pada saat mengantar sanak saudara atau kenalan yang hendak berangkat melaksanakan rukun Islam kelima di Tanah Suci Mekkah.

Lebih lanjut dia mengatakan haji adalah ibadah yang harus dilakukan, terutama oleh umat Islam yang mampu. Terlebih, mengunjungi Tanah Suci pasti merupakan impian bagi setiap umat-Nya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Kepri H. Mahbub Daryanto dalam arahannya mengatakan, banyak hal yang harus dipersiapkan saat hendak melaksanakan haji. Yang paling utama tentu kemampuan finansial yang mencukupi dan kondisi kesehatan fisik yang mumpuni agar mampu melakukan perjalanan jauh.

Kegiatan Mujahadah Penyelenggaraan Ibadah Haji Embarkasi Batam 1443 H berlangsung di Masjid Asrama Haji Batam yang diikuti oleh seluruh Panitia Embarkasi Haji Batam.

Sementara itu, Ketua PW Ansor Kepulauan Riau Rahmat Budi, mengatakan cuaca yang ekstrim saat ini dan pasca pandemi covid, tentu kita berharap tidak ada kendala yang berarti.

“Alhamdulillah sepulang dari umroh bersama Gusmen seminggu yang lalu, Gusmen berpesan agar kita semua bermujahadah menyerahkan diri seraya berdoa kepada Allah agar seluruh rangkaian pelaksanaan Ibadah Haji tahun ini diberikan kelancaran sampai pemulangan nantinya.

β€œMendoakan seluruh petugas Haji diberikan kesehatan dan sukses menjalankan tugas tanpa ada kendala yang berarti,” tegas Gusmen lebih lanjut.

Ketua Pemuda Katolik Komda Kepri Dr. Vandarones Purba, ST., MH, hadir dalam acara pemberangkat Haji ke Tanah Suci (foto:hms & amb)

Dalam acara tersebut, hadir juga Ketua Pemuda Katolik Komda Kepri, Dr. Vandarones Purba, ST., MH. Beliau pun ikut mendoakan agar pelaksanaan ibadah haji ini dapat berjalan dengan baik sebagaimana semestinya sesuai rencana yang telah dipersiapkan dengan matang. Tentu kita ketahui bersama, bahwa telah dua tahun tertunda pelaksanaan ibadah haji ini dikarenakan pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Puji Tuhan pada tahun ini para sahabat kami, saudara-saudari kami dapat melaksanakannya.

Mantan ketua Pemuda Katolik Komcab Karimun itu berharap kepada pemerintah agar para tamu Allah ini diberikan pelayanan terbaik mulai dari persiapan keberangkatan, keberangkatan ke Tanah Suci, selama menunaikan ibadah di Tanah Suci hingga kepulangan nantinya ke Tanah Air. Saya juga sangat berterimakasih kepada sahabat kami Ketua PW Ansor Kepri yang telah mengajak kami untuk ikut dalam acara bersama ini. Inilah satu wujud nyata moderasi beragama yang terbangun dengan baik di Kepri ini.

Peliput: hms & amb, Kepri.

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.