Home BERITA Misa Penutupan Retret Para Imam Kevikepan Babel

Misa Penutupan Retret Para Imam Kevikepan Babel

by Stefan Kelen

Pangkalpinang-BERKATPAPIN–Retret Para Imam Kevikepan Babel ditutup dengan Perayaan Ekaristi di Gereja Katedral St. Yosef Pangkalpinang pada Jumat, 15 Oktober 2021 yang bertepatan dengan peringatan St. Theresia Avila.

Misa khusus ini dimeriahkan oleh koor Seminaris Mario John Boen, yang nantinya akan menjadi calon imam di Keuskupan Pangkalpinang pula.

Pada misa penutupan retret para imam, Mgr. Adrianus Sunarko, OFM juga mengucap syukur atas ulang tahun RD Andre yang ke-52, sekaligus mengenang 7 hari kepergian RD Philips Seran.

Mgr. Adrianus berpesan penting membangun persaudaraan iman

Mensyukuri, mengevaluasi, dan melihat masa depan berkaitan dengan persaudaraan iman, itulah yang ditegaskan oleh Bapa Uskup kepada para imam saat misa penutupan retret para imam Kevikepan Babel.

Para imam menyambut tubuh Kristus di altar

“Momen dimana kita mendapat banyak anugerah yang gratis menjadi kunci dan fondasi yang kuat dalam membangun persaudaraan,”

“Marilah mensyikuri hidup kita, terkhusus persaudaraan sebagai imam. Supaya kita tidak lupa momen-momen anugerah yang Tuhan berikan kepada kita,” ujar Mgr. Adrianus dalam kotbahnya.

Selain itu, ketulusan serta kerendahan hati juga diperlukan dalam membangun persaudaraan. Hidup bukan hanya untuk mendapatkan pengakuan, tetapi juga untuk mengungkapkan syukur dan bahagia karena kita telah menerima sesuatu (anugerah). Maka kita akan hidup dengan lebih tulus dan rendah hati. Begitulah ujar sang gembala kepada para dombanya. (***)

Reporter : Odilia Siringo Ringo

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.