Home BERITA PIPA Paroki Santo Fransiskus Asisi Hadirkan KPA dan LSM, Demi Edukasi Remaja dan OMK tentang HIV/AIDS

PIPA Paroki Santo Fransiskus Asisi Hadirkan KPA dan LSM, Demi Edukasi Remaja dan OMK tentang HIV/AIDS

by Stefan Kelen

Kabil, Berkatnews.com—Dalam memperingati hari HIV/AIDS sedunia yang jatuh setiap tanggal 1 Desember, Seksi Kesehatan PIPA Paroki Santo Fransiskus Asisi – Batam mengadakan kegiatan penyuluhan HIV/AIDS bagi remaja dan OMK separoki pada hari Minggu 4 Desember 2022 setelah Perayaan Ekaristi, bertempat di tenda samping kanan gereja Santo Yosef, Kabil. Kegiatan ini dihadiri oleh 94 remaja dan Orang Muda Katolik (OMK) dari Komunitas Basis Gerejawi (KBG).

Adapun yang menjadi Pembicara dalam kegiatan ini adalah Ketua Sekretariat Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) kota Batam yaitu bapak Pieter Pureklolong bersama dua rekannya yaitu bapak Cornel Balawanga dan bapak Sipri Benikahan dari LSM Lintas Nusa. Hal ini disampaikan oleh Maria Jesika yang dalam hal ini juga sebagai penyelenggara dan koordinator sie Kesehatan PIPA Paroki saat diwawancarai oleh kontributor Berkatnews.com di sela-sela kegiatan tersebut.

β€œKegiatan ini sangat penting untuk menambah wawasan bagi remaja dan OMK, mengingat kasus HIV di Batam meningkat hingga mencapai 8.712 kasus di bulan Agustus 2022”, kata bapak Cornel Balwanga. Pada salah satu sesi, para peserta diajak untuk berdiskusi dalam 7 kelompok kecil yang terdiri dari 13-14 orang, dan mendiskusikan beberapa pertanyaan yang diberikan oleh Pembicara, yaitu tentang apa itu HIV, apa itu AIDS, di mana virus HIV itu berada, bagaimana cara penularannya, dan bagaimana cara mencegahnya. Seluruh peserta turut berpartisipasi aktif dalam diskusi ini, dan di akhir diskusi, diberikan kesempatan pada perwakilan kelompok untuk menyampaikan jawaban hasil diskusi dalam kelompok mereka. Dan cara penularan HIV/AIDS dijelaskan secara gamblang dan rinci oleh bapak Sipri, yaitu bisa melalui darah, hubungan seks bebas, ASI dan jarum suntik.

Di akhir kegiatan, bapak Pieter Pureklolong, selaku Ketua Sekretariat KPA Batam menambahkan: β€œJika kalian dapat menjawab pertanyaan dasar itu dengan baik dan benar maka kalian bisa disebut sebagai remaja dan OMK Paroki St Fransiskus Asisi yg memiliki pengetahuan yang komprehensif menyeluruh tentang HIV/AIDS.”

Akhir kata: SATUKAN LANGKAH CEGAH HIV, SEMUA SETARA AKHIRI AIDS.

(Kontributor: Evy Puspitosari)

Related Articles

1 comment

Sarma December 8, 2022 - 8:48 am

Mantap is the beats

Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.