Ingin Melihat Langsung Suksesnya Korea ber-KBG, Tim Pastoral KBG Thailand Kunjungi Keuskupan Jeju-Korea

BerkatNews.com. Sebanyak 63 peserta perwakilan dari 6 Keuskupan di Thailand (19 imam, 20 suster dan 24 awam) dibawah pimpinan Uskup Agung Mgr. Louis Chamniern Santisukniran (Uskup Agung ThareNongsang) mengunjungi Keuskupan Jeju, Korea, dalam rangka Eksposur KBG, mulai 24-28 April 2017.

Mereka diterima Komisi KBG Konferensi Waligereja Korea bekerjasama dengan Keuskupan Jeju.

Mereka datang untuk berbagi satu dengan yang lain tentang pengalaman bagaimana menghidupi Komunitas Basis Gerejawi (KBG) sebagai Cara Baru Hidup Menggereja dan bersama-sama menggali bagaimana menganimasi dan menuntun KBG dalam konteks dan situasi sekarang.

Uskup Agung Louis Chamniern Santisukniran mengatakan, “Orang-orang zaman kita tidak ingin hanya mendengar proklamasi tapi juga ingin melihat hasil Kabar Baik. Mereka perlu melihat Yesus melalui murid-muridnya yang mengasihi dan merawat satu sama lain. KBG adalah sarana yang membantu semua umat paroki menjadi murid Tuhan Yesus Kristus yang lebih baik. Pada kunjungan kami ke Keuskupan JeJu pada tahun 2017, kami ingin bertemu dengan Saudara Korea kami yang telah mengalami pengalaman bagaimana menjadi pewarta Injil Kristus yang baik.

Uskup Peter U-il Kang, uskup Jeju, mengatakan bahwa “Meskipun keuskupan Jeju adalah yang terkecil di antara 16 keuskupan di Korea, saya yakin kita memiliki pengalaman paling konsisten dalam mempromosikan KBG di tingkat keuskupan sejak 2003 …Dan saya sangat yakin bahwa saat ini juga kunjungan Anda dan sharing kami akan menjadi kesempatan besar bagi kami untuk menyusun kembali dan mengisi ulang pengalaman kami … … Saya secara pribadi terlibat dalam KBG sejak tahun 1990 dalam kesempatan Sidang Pleno FABC di Bandung Indonesia dan inilah cerminan saya bahwa membangun KBG adalah rencana jangka panjang yang bisa dilaksanakan secara bertahap dengan kesabaran dan ketekunan yang cukup besar“.

Ada beberapa presentasi dan sharings yang berjudul ‘Rencana Model untuk Merevitalisasi KBG Keuskupan Jeju’, ‘Kepemimpinan Imamat dan KBG di Korea’, ‘Struktur Pastoral Paroki yang berpusat pada KBG’, ‘Our Journey Together (RCIA)’ dan kesaksian pribadi tentang KBG serta dua presentasi paroki tentang KBG mereka.

Program yang paling berkesan dan inspiratif adalah kunjungan ke paroki untuk berpartisipasi dalam pertemuan KBG.  Lima puluh (50) KBG dari 10 Paroki dikunjungi oleh delegasi Thailand dan peserta Korea. Keuskupan Jeju memiliki 27 Paroki.

Michael Phichit Sukeewat dari Keuskupan Nakornratchasima (Korat), Thailand, berkata, “Keuskupan Jeju telah menerapkan KBG untuk beberapa lama, sementara itu, banyak keuskupan di Thailand juga menempatkan KBG dalam rencana pastoral mereka. Singkatnya, kita melakukan hal yang sama dalam konteks kita sendiri …… Keuskupan Jeju atau orang Katolik Korea mengungkapkan kekuatan di dalamnya dan dengan tenang memberanikan diri untuk mengekspresikan kekuatan kita sendiri. Mereka juga mengesankan kita dengan kolaborasi di antara hierarki dan paling signifikan dengan orang awam.” Para peserta Thailand membuat rencana pastoral yang konkret untuk menerapkan dan memperkuat KBG di keuskupan dan paroki mereka selama dua tahun ke depan.

Program paparan KBG ini membawa kita inspirasi, dorongan dan harapan untuk KBG. Kami berharap kita dapat terus saling mendukung dan melakukan perjalanan bersama menuju Gereja partisipatif melalui KBG dan berdoa “kita dipenuhi dengan Roh Kudus dan terus berbicara Firman Allah dengan keberanian” (Kisah Para Rasul 4:31).


Diterjemahkan oleh costmust/BerkatNews.com dari Majalah Laity, FABC Edisi April-Juni 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *