Home BERITA Uskup Jayapura Ditahbiskan Pagi Ini, Berikut Jadwal dan Link Live Streaming

Uskup Jayapura Ditahbiskan Pagi Ini, Berikut Jadwal dan Link Live Streaming

by Stefanus Lopis

BERKATNEWS– Uskup terpilih Keuskupan Jayapura Mgr Yanuaris Theofilus Matopai You akan ditahbiskan hari ini Kamis 2 Februari 2023 di Gereja Katedral Kristus Raja Jayapura.

Berdasarkan jadwal resmi yang dirilis Komsos Keuskupan Jayapura @komsoskjayapura, prosesi pentahbisan terhadap Uskup pertama Orang Asli Papua (OAP) tersebut akan dilaksanakan pukul 09.00 WIT oleh pentahbis utama Duta Besar Vatican untuk Indonesia, Mgr Piero Pioppo.

Sebelum Tahbisan Episkopal hari ini,
sebagaimana Tradisi Gereja Katolik, sehari sebelum seorang Uskup ditahbiskan diadakan ibadat sore meriah atau Vesper Agung untuk pemberkatan insignia atau atribut penanda uskup pada Rabu (1/2/2023).

Rencananya, upacara pentahbisan akan dihadiri ribuan umat katolik, puluhan Uskup se-indonesia bahkan dari Papua Nugini (PNG) dan Timor Leste.

Mgr Yanuaris Theofilus Matopai You (dok. Keuskupan Jayapura)

Bagi umat katolik setempat dapat mengikuti secara live streaming di lapangan Mandala Jayapura yang akan disiarkan langsung YouTube Komsos Keuskupan Jayapura. Sebab, setelah misa akan dilanjutkan dengan pesta umat di Stadion Mandala.

“Gereja Katedral ini tidak akan menampung semua orang. Hanya bisa 2.500 orang saja. Itu untuk tamu undangan VIP dan utusan dari sejumlah keuskupan. Jadi, seluruh umat kita arahkan mengikuti misa tahbisan ini secara live streaming dari Stadion Mandala. Jaraknya juga tidak jauh dari Katedral,” kata Elpius Hugi, Kepala Biro Umum dan Protokol Setda Papua.

Sesuai jadwal yang dirilis setelah misa tahbisan Episkopal, pada Sabtu (4/2/2023) akan diadakan misa Pontifical atau misa perdana di Katedral Kristus Raja Jayapura.

Diberitakan media ini sebelumnya, Paus Fransiskus menunjuk RD Yanuarius Theofilus Matopai You, Ketua Sekolah Tinggi Filsafat Teologi (STFT) ‘Fajar Timur’ Abepuras, menjadi Uskup Jayapura.

Keputusan Paus Fransiskus ini dibacakan pada 29 Oktober 2022 lalu. Pastor Matopai akan ditahbiskan untuk menggantikan Mgr. Leo Laba Ladjar yang telah purna tugas. Uskup Leo bertugas sejak 29 Agustus 1997 silam.

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.