Home BERITA Uskup Jayapura Terpilih akan Ditahbiskan 2 Februari Mendatang

Uskup Jayapura Terpilih akan Ditahbiskan 2 Februari Mendatang

by Stefanus Lopis

BERKATNEWS.COM- SEKITAR lima tahun menunggu, akhirnya Keuskupan Jayapura memperoleh seorang Uskup baru. Vatikan mengumumkan penunjukan Uskup baru, Oktober 2022 lalu. Dia adalah RD Yanuaris Theofilus Matopai You yang akan ditahbiskan pada Kamis 2 Februari 2023 mendatang di Jayapura.

Misa Tahbisan Uskup pertama orang asli Papua itu akan dipimpin oleh  Mgr Piero Pioppo Nuncio Apostólico, Vatikan untuk Indonesia.

Sebagaimana diberitakan Berkatnews sebelumnya, Uskup Emeritus Jayapura Mgr. Leo Laba Ladjar, OFM mengumumkan  keputusan Paus Fransiskus tersebut di Katedral Jayapura, Papua, Sabtu, 29 Oktober 2022.

“Nuncio Apostolik menyampaikan kepada saya agar mengumumkan di Gereja lokal keuskupan ini bahwa telah mengangkat seseorang untuk menjadi Uskup Jayapura yang baru. Dia adalah orang asli Papua,” kata Mgr Leo disambut tepukan riuh umat kala itu.

Profil Singkat

Pastor Yan lahir di Uwebutu, Kabupaten Paniai pada 01 Januari 1961 dan ditahbiskan sebagai Imam pada 16 Juni 1991 silam.

Semenjak lahir dia menyadang nama ‘Yanuarius Teofilus You’ saja.

Sementara nama ‘Matopai’ merupakan nama adat yang diberikan tetua adat usai ditahbiskan menjadi Imam Katolik di Nabire pada 16 Juni 1991 oleh Uskup Jayapura, Mgr. Herman Munninghoff, OFM.

Pastor Yan menyelesaikan studi Filsafat dan Teologi di STFT Fajar Timur pada tahun 1987.

Dia kemudian meraih gelar Master Psikologi di Universitas Gajah Mada pada 2010 dan Doktor Antropologi di Universitas Cendrawasih pada tahun 2020.

Ia pernah menjabat sebagai Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Jayapura pada tahun 2002 – 2006.

Saat ini ia berkarya sebagai Ketua Komisi Pendidikan Keuskupan Jayapura, pengurus beberapa yayasan sekaligus seperti STTK, YPPK St. Fransiskus Asisi Jayapura, STPK St. Yohanes Rasul Waena Jayapura.

Dia juga menjadi kepala Rumah Pembentukan Formasi St. Yohanes Maria Vianney, dan sebagai dosen di STFT Fajar Timur.

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.