Tahun 2017 Filipina Rayakan Tahun Paroki sebagai Persekutuan Komunitas-komunitas (Year of Parish as Communion of Communities)

BerkatNews.com. Sebagaimana dimuat dalam laman resmi Komisi KBG Konferensi Uskup Filipina (CBCP-KBG), Gereja Filipina akan merayakan tahun istimewa yang diberi nama Tahun Paroki sebagai Persekutuan Komunitas-komunitas (Year of Parish as Communion of Communities).

Tepatnya pada 9 Juli 2016, dalam sesi pagi Sidang Pleno ke 113 Konferensi Uskup Filipina, Uskup Jose Jabantan dan Pastor Amado L. Picardal, CSSR mempresentasikan proposal tentang perayaan tersebut.

Beberapa poin-poin yang menjadi keputusan dalam sidang tersebut diantaranya:

  1. Konferensi Uskup Filipina (Catholic Bishop’s Conference of the Philipines/ CBCP) akan mengeluarkan Surat Gembala tahun 2017 sebagai Tahun Paroki sebagai Persekutuan Komunitas-komunitas (Year of Parish as Communion of Communities), yang akan dibacakan pada minggu pertama Adven (27 Nopember 2016) di seluruh paroki di Filipina.
  2. Peluncuran Tahun Paroki sebagai Persekutuan Komunitas-komunitas (Year of Parish as Communion of Communities) akan dilakukan di kota Malaybalay pada Silaturahmi Nasional Direktor dan Koordinator KBG Keuskupan 28 Nopember – 1 Desember 2016.
  3. Pada awal tahun 2017, program-program di tingkat paroki dan keuskupan akan di perbaharui sehubungan dan perayaan dan program-program terkait tema yang diusung.
  4. Program ongoing, selama satu tahun diadakan seminar-seminar dan formasi-formasi terkait evangelisasi KBG-KBG yang menyentuh sampai tingkat social paling bawah, umat yang tak tersentuh dan terasing dari Gereja
  5. Implementasi program dan rekomendasi apapun yang muncul dari berbagai komisi keuskupan terkait Paroki/KBG dan keprihatinan khusus mereka yang dapat dimasukkan juga dalam agenda konferensi tahunan mereka.
  6. Secara nasional serentak dirayakan Tahun Paroki sebagai Persekutuan Komunitas-komunitas (Year of Parish as Communion of Communities), di seluruh paroki di Filipina pada Minggu Tritunggal Mahakudus. Ini adalah acara seharian di paroki yang mengumpulkan semua KBG dan juga iman-komunitas lainnya.
  7. Dilakukan Assembly KBG-KBG di Keuskupan masing-masing (sebelum dan sesudah perayaan tingkat paroki)
  8. Silaturahmi Nasional Direktor dan Koordinator KBG Keuskupan-keuskupan, sebagai puncak Tahun Paroki sebagai Persekutuan Komunitas-komunitas (Year of Parish as Communion of Communities), dan rencana untuk BEC National Assembly.

***

Sumber: http://cbcpbec.com/?p=3130


de mariam numquam satis[costmust]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *