Home Asian Church Paus Fransiskus: Penangkal Ketidaksetaraan Perawatan Kesehatan adalah Persaudaraan

Paus Fransiskus: Penangkal Ketidaksetaraan Perawatan Kesehatan adalah Persaudaraan

by Alfons Liwun

BerkatNews.com— Pangkalpinang — Paus merilis pesan video pada kesempatan webinar yang menandai Hari Orang Sakit Sedunia ke-30, yang diselenggarakan oleh Dicastery for Promoting Integral Human Development.

Hari Orang Sakit Sedunia diperingati setiap tanggal 11 Februari. Menjelang peringatan ini, Dicastery for Promoting Integral Human Development telah menyelenggarakan webinar berjudul: “Hari Orang Sakit Sedunia: Makna, Tujuan, dan Tantangan.”

Acara hari Kamis itu menelusuri kembali sejarah Hari itu, menunjukkan buahnya dan menyoroti relevansi pesannya. Ada juga ruang yang didedikasikan untuk pengalaman, tantangan, dan tanggapan terhadap pandemi COVID-19.

Dalam pesan video kepada para peserta, Paus Fransiskus mengambil kesempatan itu untuk menekankan pentingnya penyembuhan fisik dan spiritual tubuh, dan perlunya perawatan yang efektif untuk semua orang.

Berbagi dalam penderitaan Kristus

Paus Fransiskus mencatat, “pengalaman sakit membuat kita merasa rapuh, dan itu membuat kita merasa membutuhkan orang lain.” Penyakit, katanya, “menimbulkan pertanyaan tentang makna hidup, yang kita bawa ke hadapan Tuhan dalam iman.”

Paus Fransiskus menjelaskan bahwa melalui penderitaannya sendiri, pendahulunya Santo Yohanes Paulus II, yang menetapkan Hari Orang Sakit Sedunia tiga puluh tahun yang lalu, menjadi “peserta dalam penderitaan Kristus.”

Paus juga menggarisbawahi bahwa “Seseorang tidak boleh ‘melupakan keunikan setiap pasien, martabat dan kelemahannya’. Adalah orang secara keseluruhan yang membutuhkan perawatan: tubuh, pikiran, kasih sayang, kebebasan dan kemauan, kehidupan spiritual… Perawatan tidak dapat dibagi; karena manusia tidak bisa dibagi-bagi,” katanya.

Dia melanjutkan, “Orang-orang kudus yang merawat orang sakit selalu mengikuti ajaran Guru: menyembuhkan luka jiwa dan raga; berdoa dan bertindak untuk penyembuhan jasmani dan rohani bersama-sama.”

Sri Paus Mengunjungi Orang sakit (foto:infokatolik.com)

Ketimpangan dalam perawatan kesehatan

Mengalihkan perhatiannya ke pandemi COVID-19, ia mengamati bahwa penularan ini “mengajarkan kita untuk memandang penyakit sebagai fenomena global dan bukan semata-mata individu.”

“Patologi” lain yang mengancam umat manusia dan dunia, ia menggarisbawahi, termasuk individualisme dan ketidakpedulian “yang sayangnya akhirnya diperkuat dalam masyarakat kesejahteraan konsumerisme dan liberalisme ekonomi,” katanya.

Dia juga menyoroti bahwa bahkan di bidang perawatan kesehatan, ada “ketidaksetaraan” di mana beberapa menikmati apa yang disebut “keunggulan” dan banyak lainnya berjuang untuk mengakses perawatan dasar.

Untuk menyembuhkan virus “sosial” ini, katanya, “penangkalnya adalah budaya persaudaraan, berdasarkan kesadaran bahwa kita semua sama sebagai pribadi manusia, semua sama sebagai anak-anak dari satu Tuhan.” **

Lydia O’Kane (Vatican News)

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.