Home HUMANIORA Renungan Harian Jumat, 8 Oktober 2021

Renungan Harian Jumat, 8 Oktober 2021

by Alfons Liwun

Bacaan 1: Yl 1:13-15;2:1-2; Mzm. 9:2-3.6.168-9; Bacaan Injil: Luk. 11: 15-26

Tuhan Membutuhkan Kerja-Samamu Supaya Dapat Menyelamatkan Engkau

RD. Marcel Gabriel, Pastor Keuskupan Pangkalpinang

Selamat datang ke dalam Bulan Doa Rosaruo Hari ke-8, Jumat 08 Oktober 2021.

Melalui Yoel, nabi-Nya, Tuhan mengundang orang-orang Israel untuk membaharui kembali hubungan mereka dengan Tuhan Allah. Tuhan Allah akan segera mengubah hari yang kelam kabut menjadi hari penuh sukacita. Israel harus bersiap-sedia menghadapi hari itu, sebagai hari pemulihan untuk mereka. Semua ini terjadi dari pihak Tuhan! Bagaimana dengan peran manusia?

Dari Pemazmur dan Injil Lukas, kita menemukan dua catatan berikut ini.

Pertama bahwa rancangan keselamatan Tuhan membutuhkan kerja-sama dari pihak manusia. Yoel membuka hal itu kepada Usraek, dan Pemazmur, yang tahu akan keinginan hati Tuhan, akhirnya membuka diri untuk mengangkat puji-pujian bagi Tuhan.  Kedua, tindakan penyelamatan selalau datang dari pihak Tuhan tetapi kerja-sama manusia juga merupakan hal yang penting.

Tanggapan Manusia Rahmat Allah (foto: katolisitas.or)

Kasus orang yang dibebaskan dari kuasa iblis menunjukkan kepada kita soal ini. Bahwa sekalipun diri orang sudah dibersihkan, namun ketika si pemiliknya tidak menjaga dan membentengi dirinya dengan doa dan kuasa Tuhan, maka kuasa jahat bisa masuk kembali. Orang yang diselamatkan dari kuasa iblis, tidak selalu “bersama Allah.” Semoga kita belajar dari pengalaman-pengalaman dalam Firman Tuhan ini. Amin!***

Salam Komunio!

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.