Home BERITA Romo Projo Kedua Keuskupan Pangkalpinang, Memasuki Usia 72 Tahun

Romo Projo Kedua Keuskupan Pangkalpinang, Memasuki Usia 72 Tahun

by Stefan Kelen

Pangkalan Baru, BERKATPAPIN—Menyebut nama Romo yang satu ini, umat Katolik di seantero Keuskupan Pangkalpinang pasti mengenalnya. Pasalnya sosok imam kelahiran Bangka ini adalah imam Projo Kedua Keuskupan Pangkalpinang. 

Tidak hanya itu, Imam yang satu ini pun mencatat rekor sebagai Vikaris Jendral (Vikjen) terlama di Keuskupan Pangkalpinang pada jaman Kegembalaan almahrum Mgr Hilarius Moa Nurak SVD, yakni dari 1995 sampai dengan 2015. 

Sosok itu tak lain, adalah Romo FX Hendrawinata Pr. Romo Hendra, begitu ia disapa, adalah Pastor keturunan Tionghoa. Pada hari Kamis 22 Juli 2021, Romo Hendra merayakan ulang tahunnya. Ahli Sejarah Misi Keuskupan Pangkalpinang ini genap berusia 72 tahun.

Banyak doa dan harapan yang dipanjatkan umat Katolik Keuskupan Pangkalpinang pada hari spesial Sang Gembala tersebut. Tidak hanya umat perorangan. Lembaga dan unit karya milik Keuskupan Pangkalpinang seperti Yayasan Tunas Karya (YTK) pun mengungkapkan sukacita. Sebab, Pastor senior itu juga merupakan Anggota Pembina di YTK.

Romo Hendra ini tergolong narasumber yang terpercaya dan valid soal sejarah misi di Keuskupan tercinta ini. Oleh karena itu, ketika kami dipercayakan oleh Pengurus YTK untuk menulis Sejarah YTK, saya sungguh mengandalkan informasi dari mantan bos saya di majalah Berkat itu,” ungkap Delegatus Komisi Komsos Keuskupan Pangkalpinang, Stefan Kelen Pr di Kampung Benteng, Bangka Tengah (22/7/21).

Kata Romo Stefan lagi, Romo Hendra adalah sosok imam yang rendah hati. β€œTidak hanya itu. Ia juga familiar dengan siapapun. Tidak pernah menilai sesuatu yang negative pada orang lain,” imbuh Romo Stefan.

β€œAda satu hal diingat umat kebanyakan adalah Romo Hendra begitu mencintai vespa,” tutur Romo Stefan. β€œLantas, untuk bagi kami anggota Group WA Imam Papin, Romo Hendra adalah sosok yang selalu memberi tanda pengingat untuk ulangtahun imamat dan kelahiran bagi semua imam di Keuskupan Pangkalpinang ini. Pasalnya setiap malam jam 00.05an WIB beliau mengirim pesan di WA Group untuk mengucapkan ultah imamat dan ultah kelahiran” pungkas  Romo yang pernah digelari FPI (Flores Pendek Itam) oleh Sopir Angkot ini. Sfn/BRKT)

Reporter : Novi dan Andre

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.