Home BERITA Meja Persembahan yang Baru di Stella Maris Toboali Diberkati, Umat Bersukacita

Meja Persembahan yang Baru di Stella Maris Toboali Diberkati, Umat Bersukacita

by Stefan Kelen

Berkatnews.com-Gereja Stasi Stella Maris Toboali merupakan salah satu Stasi dari Paroki Koba yang belum lama ini direnovasi  dan diberkati kembali oleh Mgr. Adrianus Sunarko, OFM, tepat pada Minggu Prapaskah ke V (21/03/21). Stasi sederhana namun estetik, dengan gaya khas bangunan Eropa menambah keunikan dari Stasi Stella Maris ini.

Tidak hanya bangunan luarnya saja,  tetapi penataan dan isi di dalam Gereja Stasi ini-pun ikut diperbaharui, seperti penataan ulang soal pencahayaan, panti umat, dan beberapa bagian di atas panti imam.

Tidak bisa dipungkiri saat pertama kali masuk kedalam gereja stasi melalui pintu utama, mata kita langsung dimanjakan oleh beberapa bagian, terutama altar dengan ukiran perjamuan terakhir, yang pada Minggu (29/08/21) diberkati oleh Mgr. Adrianus Sunarko, OFM. Walaupun kurang dari 100 umat yang mengikuti Perayaan Ekaristi ini, karena  harus tetap menjaga situasi yang kondusif di masa pandemi ini. Dengan mengikuti Prokes (Protokol Kesehatan) yang berlaku, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, Perayaan Ekaristi pun berlangsung dengan hikmat.

Dalam homili singkatnya Mgr. Adrianus, menjelaskan tentang bagaimana cara kita untuk menjaga hati supaya terhindar dari timbulnya niat-niat dan pikiran jahat,” kadang-kadang pikiran dan niat-niat jahat sering muncul tiba-tiba dan tanpa sadar dari dalam hati, itu karena kita lupa menjaga hati kita.” tuturnya.

β€œMaka penting sekali bapak, ibu, saudara-saudari semuanya untuk menjaga hati kita, memelihara hati kita. Karena hati kita diberikan Firman dan kehadiran Tuhan sendiri.” Ujar Mgr. Narko pada Misa Minggu biasa XXII.

”Membacanya, mengulang-ulang atau membatinkan sabda Tuhan, sehingga menjadi hidup didalam hati merupakan salah satu cara untuk menjaga hati kita,” imbuhnya

Sebelum mengahiri homilinya Mgr. Adrianus berpesan kepada semua umat, walaupun dalam masa pandemi belum bisa berkumpul di KBG-KBG untuk membaca kitab suci bersama, tetapi umat bisa memulainya di dalam keluarga masing-masing.

β€œMemang kita menyadari kehilangan kesempatan, karena belum ada pertemuan KBG tetapi Keuskupan mengharapkan selama belum ada pertemuan KBG, cobalah lakukan dikeluarga-keluarga membaca Kitab Suci bersama, khususnya pada bagian memilih satu ayat atau dua lalu mengulang-ulangnya,” pesan Mgr. Adrianus kepada seluruh umat yang hadir dan yang mengikuti  secara live streaming. (***)

Reporter : Silvester Prima

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.