Home BERITA Menag Yaqut Serahkan Bantuan Rp 1 Miliar ke Gereja Katedral Jakarta

Menag Yaqut Serahkan Bantuan Rp 1 Miliar ke Gereja Katedral Jakarta

by Stefanus Lopis

Bantuan diberikan untuk keperluan pengadaan perlengkapan tata suara dan visual yang tidak merusak konstruksi interior, sesuai kebutuhan. Ini diharapkan akan berdampak pada kenyamanan dan kekhusyukan umat beribadah.

Jakarta, Berkatnews.com– Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hari ini menyerahkan bantuan untuk Gereja Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, Paroki Katedral Jakarta, Keuskupan Agung Jakarta.

Bantuan senilai Rp1 miliar tersebut diserahkan Menag kepada Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo. Turut hadir, Plt. Dirjen Bimbingan Masyarakat Katolik Adiyarto Sumardjono, staf khusus Menag, dan Pastor Kepala Katedral Hani Rudi Hartoko SJ.

Bantuan tersebut bersumber dari anggaran Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik Kementerian Agama. Yaqut mengatakan pemberian bantuan ini merupakan simbol negara hadir untuk semua agama.

Menag berharap bantuan dapat segera dimanfaatkan untuk menambah kenyamanan umat dalam beribadah serta tetap mempertahankan estetika interior.

“Bantuan diberikan untuk keperluan pengadaan perlengkapan tata suara dan visual yang tidak merusak konstruksi interior, sesuai kebutuhan. Ini diharapkan akan berdampak pada kenyamanan dan kekhusyukan umat beribadah,” kata Yaqut di Jakarta, Senin (10/10).

Menag Yaqut menjelaskan, Kementerian Agama memiliki lima satuan kerja setingkat eselon I dan satu pusat yang bertugas memberikan pembinaan kepada masyarakat dalam hal keagamaan.

Di Kemenag, ada Ditjen Bimas Islam, Bimas Katolik, Bimas Kristen, Bimas Hindu, dan Bimas Buddha. Selain itu, ada Pusat Bimbingan dan Pendidikan Agama Konghucu. Masing-masing satuan kerja ini memiliki program bantuan rumah ibadah, baik masjid, gereja, vihara, pura, dan klenteng.

“Terkait bantuan untuk Gereja Katolik atau rumah ibadah agama lainnya, prosesnya harus mudah. Persyaratan dan prosedur pengajuannya juga harus jelas. Ini supaya memudahkan masyarakat,” tegas Menag Yaqut dilansir laman Kemenag.go.id.

“Kementerian Agama terus berupaya memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mendapatkan bantuan dan mendorong agar pengusulan dapat dilakukan secara online,” ujarnya.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bersama Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo dan beberapa utusan yang hadir saat berada dalam Gereja Katedral Jakarta. (Foto: Kemenag.go.id)

Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo menyampaikan Gereja Katedral Jakarta terus berbenah dalam merevitalisasi interior dan eksteriornya.

Sebab, selain sebagai tempat ibadah, Gereja Katedral juga dibuka sebagai objek wisata untuk umum.

Gereja, kata Kardinal Suharyo, tidak hanya menjadi tempat pembinaan rohani umat. Gereja juga berperan dalam menumbuhkan persaudaraan sesama anak bangsa dan rasa cinta umat kepada tanah air.

“Kita mempunyai tanggung jawab merawat dan mengembangkan semangat cinta tanah air dan watak peduli pada sesama dalam bidang tugas kita masing-masing”.

Pastor Kepala Katedral Hani Rudi Hartoko SJ menambahkan, pihaknya akan memanfaatkan bantuan ini dengan baik, sesuai kebutuhan.

“Perlengkapan tata suara dan visual yang akan dibeli telah dipilih dari segi kualitas dan pemasangan yang tidak merusak,” jelas Romo Hani.

Pastor Kepala Katedral ini juga mengatakan bahwa masih memerlukan tata lampu yang sesuai dengan karakteristik interior Gereja yang berarsitektur neo-gotik Eropa.

Gereja Katedral Jakarta mulai dibangun pada 1891 dan diresmikan pada 21 April 1901 dengan nama Gereja Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga.

Gereja Katedral terhubung dengan Masjid Istiqlal melaui Terowongan Silaturahmi. Terowongan bawah tanah yang diresmikan pada 21 September 2021 ini tersambung dengan areal parkir Masjid Istiqlal yang mampu menampung 500 unit mobil, sehingga diharapkan dapat memudahkan kedua rumah ibadah untuk menggunakan lahan parkir secara bersama, terutama saat hari besar keagamaan.

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.