Home FeatureKatolik Indonesia Perayaan Hari Komunikasi Sosial Nasional XI Bakal Berlangsung di Medan

Perayaan Hari Komunikasi Sosial Nasional XI Bakal Berlangsung di Medan

by Stefan Kelen

Medan, BERKATNews.com—Setelah menunda sebulan, Komisi Komunikasi Sosial Konferensi Waligereja Indonesia (Komsos KWI) bakal menyelenggarakan Perayaan Hari Komunikasi Sosial Nasional (PKSN) XI di Medan selama lima hari mulai 5 hingga 11 Juni 2024.

Penundaan kegiatan yang rencananya berlangsung pada 5-12 Mei ini terjadi karena pada 11-17 Mei berlangsung perayaan 100 tahun KWI dengan berbagai kegiatan di dalamnya seperti pameran buku dari para Penerbit Katolik, lomba, diskusi, seminar, dan dialog lintas agama.

β€œBiasanya kami merayakan PKSN beberapa hari sebelum pesta hari komunikasi sosial sedunia. Tahun ini pesta tersebut jatuh pada Minggu, 12 Mei 2024. Karena berbarengan dengan perayaan 100 tahun KWI, mau tidak mau kegiatan ini diundur dan baru dilaksanakan pada Bulan Juni,” ujar Sekretaris Komisi Komsos KWI RD Steven Lalu di Jakarta (04/06/2024).

Selain berbarengan dengan 100 tahun KWI yang pestanya dirayakan pada 15 Mei, ada juga tahbisan Uskup Agung Kupang pada 9 Mei 2024 serta sidang tahap pertama para uskup (Sidang KWI) dari 13-17 Mei.

Steven menyebutkan, kali ini Keuskupan Agung Medan menjadi pelaksana kegiatan PKSN ke-11 setelah tahun lalu kegiatan dijalankan di ujung timur Indonesia, yakni Keuskupan Atambua dengan rentang waktu selama sepekan pula.

Dari luar Keuskupan Agung Medan, bakal hadir dalam kegiatan ini para ketua komsos di seluruh keuskupan di Indonesia, para anggota badan pengurus Komsos KWI serta para pegiat komsos lainnya. Selain para undangan dari berbagai unsur di Keuskupan Agung Medan sendiri.

Ketua Panitia PKSN, Romo Marihot Simanjuntak Pr menyampaikan, kegiatan sudah disusun sedemikian rupa dan menyertakan berbagai pihak di dalamnya. Entah itu para mahasiswa Sekolah Tinggi Pastoral, guru-guru Katolik, pasangan suami istri, Sekami, para biarawan dan biarawati, penyiar Radio Maria Indonesia, dan anggota komsos paroki serta umat dari berbagai paroki sekitar Kota Medan

β€œAkan ada seminar, pelatihan atau workshop, rekoleksi pasutri, lomba-lomba, kunjungan budaya. Mulai dari pembukaan sampai penutupan, akan dilibatkan ribuan peserta,” ujar Ketua Komsos Keuskupan Agung Medan.

Pesan Paus dan Lomba

Setiap tahun perayaan hari komunikasi selalu dilandasi dengan pesan yang disampaikan Paus Fransiskus pada Hari Komunikasi Sedunia. Pada perayaan yang ke-58 ini, Paus menyebutkan pesan berjudul β€œKecerdasan Artifisial dan Kebijaksanaan Hati: Menuju Komunikasi yang Sungguh Manusiawi.”

Pesan yang telah dirilis Vatikan pada 24 Januari 2024 ini telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dan disebarkan ke seluruh komisi komsos keuskupan. Bahkan Komsos KWI juga telah menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk menyebarkan pesan ini.

Kegiatan tersebut antara lain, membuat theme song berjudul β€œMilikilah”, mengadakan berbagai lomba salah satunya menulis cerpen, memroduksi podcast yang mengulas tentang pesan paus dengan berbagai macam sudut pandang, dan perayaan ekaristi serta refleksi pesan paus pada Minggu, 12 Mei.

Steven berharap, dengan berbagai kegiatan dan program ini, pesan Paus sampai ke seluruh lapisan masyarakat. Karena itu, masing-masing komsos keuskupan diminta terus menggaungkan pesan ini dalam berbagai bentuknya entah dalam berupa flyer, poster, artikel atau berita, didiskusikan dalam podcast dan berbagai kesempatan serta disebarkan dengan cara-cara lain.

NARAHUBUNG:Β 

RD Steven Lalu (Sekretaris Eksekutif Komsos KWI) – +62 813-1140-2954

RD Marihot Simanjuntak (Ketua Komsos Keuskupan Agung Medan) – +62 812-6443-0753

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.