Home BERITA Sore Ini, Uskup Pangkalpinang Rayakan Ekaristi Syukur Lustrum I Tahbisan Episkopal

Sore Ini, Uskup Pangkalpinang Rayakan Ekaristi Syukur Lustrum I Tahbisan Episkopal

by Stefanus Lopis

Kita mengajak Gereja Keuskupan Pangkalpinang [imam, biarawan-biarawati, umat katolik] maupun masyarakat umum untuk bergembira dan bersukacita dalam rasa syukur yang mendalam atas iman yang terus bertumbuh dan dihayati secara mendalam, atas persaudaraan yang terjalin antarumat dan warga masyarakat, serta atas semangat solidaritas dan kepedulian antar sesama. (Romo Servasius Samuel, Ketua Panitia)

Pangkalpinang, Berkatnews.com –¬†Uskup Keuskupan Pangkalpinang Mgr Adrianus Sunarko OFM dijadwalkan akan merayakan Ekaristi syukur atas rahmat Tahbisan Episkopal ke-5 tahun (Lustrum I) yang akan dilangsungkan di GOR SMP Santa Theresia Pangkalpinang, Jumat (23/9/2022) sore ini pukul 17.00 WIB.

Perayaan Ekaristi akbar syukuran tersebut nantinya dihadir langsung secara terbatas oleh perwakilan umat dari paroki-paroki yang tersebar di pulau Bangka.

Bagi umat di luar pulau Bangka dapat mengikuti rangkaian acara secara live streaming yang akan disiarkan kanal YouTube KOMSOS Keuskupan Pangkalpinang.

Ketua panitia perayaan syukur RD Servasius Samuel menjelaskan, perayaan 5 tahunan ini sebagai bentuk ungkapan syukur bersama umat atas rahmat tahbisan Mgr Adrianus Sunarko, OFM dengan tema besar dari moto uskup; Laetentur Insulae Multae.

“Kita mengajak Gereja Keuskupan Pangkalpinang [imam, biarawan-biarawati, umat katolik] maupun masyarakat umum untuk bergembira dan bersukacita dalam rasa syukur yang mendalam atas iman yang terus bertumbuh dan dihayati secara mendalam, atas persaudaraan yang terjalin antarumat dan warga masyarakat, serta atas semangat solidaritas dan kepedulian antar sesama,” kata Romo Samuel kepada Berkatnews.

RD Servasius Samuel, S. Psi., M. Psi (Foto: YTKNews.id)

Menurut Imam yang juga psikolog tersebut, momen syukur 5 tahunan ini juga menjadi daya dorong untuk menghayati iman semakin kuat dan mendalam dalam semangat persaudaraan dan kepedulian satu sama lain.

Pesta Umat

Romo Samuel menyampaikan konsep perayaan hari ini adalah pesta umat, maka panitia berusaha mengundang cukup banyak umat yang dapat bergabung dalam perayaan ini.

“Walaupun kita masih membatasi karena beberapa pertimbangan teknis, tetapi kita membuka kemungkinan untuk umat ikut serta juga secara daring,” jelas Ketua Yayasan Tunas Karya ini.

Adapun rangkaian perayaan syukur lima tahun Tahbisan Episkopal Bapa Uskup Adrianus Sunarko, disampaikan Romo Samuel, diawali dengan tarian penjemputan [tari gambyong] dan pengalungan bunga oleh anak-anak berpakaian daerah sebagai representasi kemajemukan umat keuskupan Pangkalpinang. Selanjutnya dirayakan ekaristi syukur bersama umat.

Setelah ekaristi dilanjutkan ramah tamah, acara hiburan dan sambutan dari Bapa Uskup, wakil imam dan umat, serta pimpinan forum umat beragama yang akan menegaskan tentang pentingnya persaudaraan dan kesetiakawanan antarumat beragama.

Panitia juga turut mengundang pimpinan pemerintahan setempat mulai tingkat RT, RW dan Lurah dengan maksud untuk membangun semangat persahabatan dan persaudaraan dari akar rumput.

“Semoga perayaan syukur ini semakin menegaskan semangat dan sikap dasar kita dalam mempromosikan kepedulian dan solidaritas sosial, persaudaraan dan persahabatan yang makin luas melalui penghayatan iman yang tekun dan mendalam,” pungkas Ketua LPT PERSONA ini.

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.