Bulan Juli 2017, OMK se-Asia akan Banjiri Jogjakarta, Indonesia

BerkatNews.com. Asian Youth Day (AYD) atau hari orang muda asia adalah perjumpaan orang muda Katolik se-Asia. Acara ini diselenggarakan tiap tiga tahunan dan dihadiri kurang lebih seribu sampai tiga ribu OMK perwakilan dari berbagai negara di Asia. Dalam acara inilah berbagai kegiatan menumbuhkan semangat pewartaan dibuat. AYD digagas oleh pembina OMK se-Asia dan disetutuji oleh Federasi Konferensi Uskup-uskup se-Asia (FABC) dibawah kantor komisi Keluarga dan Kerawam bagian kepemudaan.

AYD terdiri dari 3 acara besar yakni Day in the Diocese, Days in AYD’s Venue and Asian Youth Ministers’ Meeting (AYMM)‎.

Asian Youth Day ke 7 akan diadakan di kota Yogyakarta, Indonesia 30 Juli – 6 Agustus 2017 dengan tema Joyful Asian Youth! Living the Gospel in Multicultural Asia.

Dirilis di halaman resmi AYD 2017, http://asianyouthday.org, konsep acara AYD 2017 kali ini sangatlah padat, diantaranya:

  1. Family and Parish Experience Terkecuali saat AYD1 yang diselenggarakan di Thailand, semua AYD dimulai dengan pengalamanpengendapan situasi dan kondisi kehidupan iman bersama dengan keluarga angkat setempat. Para Delegasi ditempatkan di sebuah paroki dan pada khususnya, di sebuah keluarga angkat yang bersedia menerima para delegasi dari negara yang berbeda dan beraktivitas bersama untuk mengenal budaya masyarakat setempat. Pengalaman beberapa hari tersebut diakhiri dengan perayaan Ekaristi dan persekutuan bersama dengan umat di paroki setempat.
  2. Regional Sharing Para Delegasi dikelompokkan berdasarkan wilayah/region (Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tenggara 1, Asia Tenggara 2) untuk berbagi pengalaman realitas di negara masing-masing. Hal ini lebih diperdalam di AYMM ketika para pendamping OMK merencanakan aksi yang lebih konkrit sesuai hasil AYD.
  3. Youth Walk Ini adalah katekese interaktif, yang dirancang untuk membantu delegasi memperdalam pemahaman mereka pada tema. Khusus untuk AYD7 ini akan diadakan serangkaian acara dialog dan pengalaman kehidupan iman dan dialog lintas agama dan ragam kebudayaan di Indonesia.
  4. Workshop Beberapa lokakarya simultan untuk meningkatkan kesadaran dan pembekalan keterampilan untuk menangani isu-isu yang berkaitan dengan tema.

Tema harian AYD7: Hari ke-1: Datang dan Berkumpul Bersama sebagai Masyarakat Asia yang Majemuk Hari ke-2: Menghargai Keberagaman dan Merayakannya Bersama Hari ke-3: Bersatu dalam Keberagaman Hari ke-4: Merayakan Kebersamaan Hari ke-5: Berbagi dan Hidup dalam Sukacita Injil.

AYMM The Asian Youth Ministers’ Meeting, di sisi lain, menindaklanjuti tantangan dalam pelayanan dan pendampingan orang muda sesuai yang dimunculkan oleh tema. Disini juga menjadi sarana untuk membicarakan perencanaan yang lebih praktis dan koordinasi di tingkat nasional, sub-regional, dan regional.***


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.