Home FeatureOrang Muda Katolik Keuskupan Agung Palembang Launching Logo hingga Website IYD 2023

Keuskupan Agung Palembang Launching Logo hingga Website IYD 2023

by Stefanus Lopis

Selamat memasuki rangkaian IYD 2023 dengan penuh sukacita. Selamat menyambut salib IYD, sebagai tanda kehadiran Kristus yang meraja dalam waktu dan seluruh hidup kita.

PALEMBANG, BERKATNEWS.COM– Dalam rangka memperingati hari orang muda se-dunia tahun 2022, Orang Muda Katolik (OMK) Dekanat I Keuskupan Agung Palembang merayakan ekaristi yang dipimpin Uskup Keuskupan Agung Palembang Mgr. Yohanes Harun Yuwono dan Ketua Komisi Kepemudaan KWI, Mgr. Pius Riana Prapdi bertempat di Paroki Santo Yoseph Palembang, Minggu (20/11).

Pada kesempatan itu diadakan pula launching logo, theme song, websiteย hingga maskot IYD 2023.

Kota Palembang akan menjadi tuan rumah pesta akbar Indonesia Youth Day (IYD) III pada tanggal 26-30 Juni 2023 mendatang yang akan dipusatkan di Jaka Baring Palembang.

Dalam kesempatan ini juga, Panitia IYD mengumumkan hasil lomba logo IYD 2023.

Ketua Komisi Kepemudaan KWI Mgr Pius menyerahkan salib IYD kepada Uskup Agung Palembang Mgr Harun Yuwono. (Foto: Komsos KAPal)

Hasilnya, juara 1 dimenangkan Josephine Gwyneth Tjiptawijaya dari Keuskupan Bandung, Juara 2 Yoseph Mario Nggoro dari Keuskupan Surabaya dan Juara 3 Benedictus Yudi WS dari Keuskupan Surabaya.

Sedangkan pemenang lomba theme song IYD 2023, juara 1 Joshua Eka Pramudya dari Keuskupan Agung Jakarta, Juara 2 Yuvenius Afdison, Paulina Dian Rahayu dari Keuskupan Agung Pontianak, juara 3 Maria Lundy Bershtien H, Victor Bwariat, Fabrian Florentinus Josep dari Keuskupan Agung Merauke.

Ihwalย launchingย IYD 2023, Mgr. Pius Riana Prapdi yang juga Uskup Ketapang ini mengingatkan tema yang akan diusung dalam IYD III tahun depan, yaitu Orang Muda Katolik: Bangkit dan Bersaksilah!

โ€œIni juga ajakan bagi kita, orang muda yang adalah masa kini dan masa depan, untuk bangkit dari sikap acuh tak acuh, keterpurukan, dan bergegas membangun niat, memanfaatkan waktu untuk kebaikan dan cinta. Selamat memasuki rangkaian IYD 2023 dengan penuh sukacita. Selamat menyambut salib IYD, sebagai tanda kehadiran Kristus yang meraja dalam waktu dan seluruh hidup kita,โ€ kata monsenyur Pius.

Sementara Uskup Agung Palembang Mgr. Yohanes Harun Yuwono berpesan kepada orang muda untuk bersukacita mengejar kesucian.

Menurut Uskup Yuwono, hal itu sesuai harapan Paus Fransiskus dalam seruan apostolik Gaudete et Exultate (Bersukacitalah dan Bergembiralah) dan Christus Vivit (Kristus Hidup).

Pemukulan gong disaksikan Mgr. Yuwono dan Mgr. Pius.

Pesan Paus Fransiskus ini, kata Uskup Harun, sebetulnya lahir dari ide kaum muda Katolik sedunia.

โ€œMelalui angket di seluruh dunia, kaum muda mengatakan kepada Bapa Suci:ย โ€˜kami ingin hidup suci.โ€™ย Dan Bapa Suci mengembalikan kerinduan kaum muda itu melalui Christus Vivit,โ€ ujar mantan administrator keuskupan Pangkalpinang itu.

Seruan apostolik Christus Vivit berisi semangat muda Kristus yang harus dihidupi kaum muda Katolik.

โ€œKristus kemudaan yang abadi, yang di dalam-Nya tidak ada keputusasaan, tidak ada semangat yang padam, melainkan semangat yang hidup. Dia mencintaimu! Tak pernah melepaskan dan selalu membantumu dalam situasi apapun. Karena itu, kaum muda berbahagialah!โ€ kata Uskup Yuwono dinukil komunio.id.

Uskup Harun juga mengingatkan, bahwa Gereja harus selalu mencintai kaum muda.

โ€œBerbahagialah kaum muda. Perhatian Gereja tak terputus-putusnya terarah kepadamu dan itulah yang ingin diungkapkan Gereja:ย Tuhan sangat mencintaimu.ย Hiduplah di hadirat Tuhan dengan semangat Tuhan sendiri,โ€ kata Uskup Yuwono.

Sekedar diketahui, website resmi IYD dapat diakses diย https://www.iyd2023.org/.

Adapun maskot IYD III bernama Cito, merupakan ikan belida, yang mana dagingnya dipakai sebagai salah satu bahan baku pembuat pempek, makanan khas Palembang.

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.