Cerdas Cermat Kitab Suci BIAR Paroki Santo Damian Batam: “Keluarga Bersaksi dan Mewartakan Sabda Allah”

Oleh L V Evy Puspitosari (Fasilitator AsIPA St. Damian)
Oleh L V Evy Puspitosari (Fasilitator AsIPA St. Damian)

Bengkong-BerkatNews.com (23/9/2016 13.38 WIB). Setiap bulan September, umat Katolik Indonesia memasuki Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN). Tema BKSN tahun 2016 ini adalah Keluarga Bersaksi dan Mewartakan Sabda Allah, dengan motto BKSN yang dikutip dari Injil Matius “Hendaknya Terangmu Bercahaya” (Matius 5:16).

Dalam rangka menggiatkan anak-anak dan remaja untuk semakin akrab dengan Kitab Suci, Sie BIA/R PIPA Paroki Santo Damian Batam mengadakan Lomba Cerdas Cermat Kitab Suci, pada hari Minggu 18 September 2016, dalam 3 kategori, yaitu SD, SMP dan SMA. Menurut Koordinator Sie BIAR PIPA Paroki St Damian, Ibu Asia Beda, Lomba CCKS ini diikuti oleh 89 tim, dengan perincian 45 tim SD, 31 tim SMP dan 13 tim SMA.

Diawali dengan daftar ulang bagi peserta kategori SD pada pukul 10:30 wib, kegiatan ini dilanjutkan dengan babak penyisihan untuk kategori SD di aula Paroki Santo Damian Batam. Sementara kategori SD melaksanakan babak penyisihan, dibuka daftar ulang bagi peserta kategori SMP. Setelah diumumkan tim-tim kategori SD yang masuk babak final oleh panitia, babak final tingkat SD dilaksanakan di aula, sementara kategori SMP melaksanakan babak penyisihan di Goa Maria “Hati Suci Maria Tak Bernoda” yang terletak di samping Pastoran Santo Damian, dan di waktu yang sama panitia juga menerima daftar ulang bagi peserta kategori SMA di depan aula. Setelah babak Final kategori SD sudah selesai, dilanjutkan dengan babak final kategori SMP di aula paroki dan bersamaan dengan itu, babak penyisihan kategori SMA dilaksanakan di Goa Maria. Dan setelah kategori SMP mendapatkan juara 1, 2, 3, harapan 1, harapan 2, dan harapan 3, kategori SMA memasuki aula untuk babak final.

Babak demi babak akhirnya selesai. 4 Juri yang berkutat dengan soal dan jawaban yaitu RP Niko SS.CC, Sr M Simonia FCH, Sr M Ferini FCH dan bp Andreas Winarno, akhirnya mengumumkan para juara dari seluruh kategori.

Juara 1 untuk kategori tingkat SD diraih oleh KBG Galilea wilayah Sta Theresia, tingkat SMP direbut oleh KBG Sta Faustina (Getsemani) wilayah St Laurentius 1, dan untuk tingkat SLTA diraih oleh KBG Brecia wilayah Sta Angela.

Banyak anak yang berbesar hati menerima kekalahan, meskipun mereka tidak menjadi juara dalam lomba cerdas cermat ini, tapi mereka tetap ceria bisa berkumpul dengan teman-teman sebayanya seParoki St Damian. Dan terlebih lagi, mereka makin mencintai Kitab Suci sebagai Sang Sabda, dan banyak hal yang mereka pelajari dari sana. Semoga apa yang mereka dapatkan saat mendalami Kitab Suci untuk persiapan lomba cerdas cermat ini, akan bermanfaat bagi mereka, kini dan dimasa yang akan datang.

Proficiat untuk para juara, limpah terima kasih kepada Pastor Kepala Paroki St Damian RP Cornelis Aroendati Gaga SS.CC, Pastor Pendamping BIAR Paroki St Damian RP Sergius Rusdi Santosa SS.CC, para juri, para koordinator wilayah, para ketua KBG, seluruh panitia, seluruh pendamping se-Paroki St Damian, seluruh peserta lomba dan orang tuanya, para donatur, dan semua orang yang terlibat dalam persiapan dan pelaksanaan Cerdas Cermat Kitab Suci (CCKS) ini. Semoga dengan lomba CCKS ini, bisa terus meningkatkan cinta kita pada Yesus Kristus Sang Sabda.***

Foto dok

bksn1

bksn2

bksn3

bksn4

 bksn6

bksn7

bksn8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *