MENGENANG SATU TAHUN MENINGGALNYA BAPA USKUP PANGKALPINANG Sebanyak enam puluan Fasilitator AsIPA Paroki MBPA ziarah ke Makam Mgr.Hila

BerkatNews.com Paroki MBPA

Siapa yang tak kenal namamu, siapa yang tak ingat dirimu, sosok pribadimu yang mempesona, memancarkan kesucian jiwa”. Lantunan syair indah yang menggambarkan sosok seorang Gembala iman ini, tetap menjadi simponi indah yang terpatri dalam diri setiap umat Allah Keuskupan Pangkalpinang, ketika ingatan kita kembali pada sosok sederhana, Alm. Mgr.Hilarius Moa Nurak,SVD, yang telah kembali ke haribaan sang Pencipta, tepatnya setahun yang silam.

Bersempena dengan satu tahun berpulangnya Bapa Uskup ini, sebanyak enam puluhan Fasilitator Asian Integral Pastoral Approach (AsIPA), Paroki Maria Bunda Pembantu Abadi (MBPA) mengadakan ziarah ke makam Mgr.Hila. Ziarah iman yang digagas oleh Ibu Lilis Cynde, Pak Valentinus Pulo dan beberapa rekan fasilitator AsIPA ini tercetus sejak enam bulan yang silam dengan berlandaskan bahwa ziarah merupakan salah satu tindakan konkrit untuk memanifestasikan rasa cinta yang begitu mendalam terhadap Alm.Uskup Hila, yang semasa hidupnya telah mendedikasikan seluruh cinta dan karsanya demi membangun Gereja Partisipatif di Keuskupan seribu pulau ini.

Para peziarah dilepas dengan doa dan berkat dari Pastor Mance, pada hari Jumad tanggal 28 April 2017 di pelataran Gereja Paroki MBPA, selanjutnya dengan menggunakan bus menuju bandara Hang Nadim Batam untuk melanjutkan perjalanan ke Bangka Pangkalpinang. Rombongan ziarah tiba di Katedral S.Yoseph Pangkalpinang tepat pukul 19.00. Setelah beristirahat sejenak, rombongan ziarah mengikuti adorasi sakramen Mahakudus yang dipimpin langsung oleh Parokus S.Yoseph Pangkalpinang, RD. Lucius Poya Hobamatan.

Sabtu, 29 April 2017, para peziarah melakukan perjalan ziarah ke Paroki Belinyu, dengan mengendarai dua bus. Di Paroki Belinyu ini, para peziarah menimba daya spiritual dari Gua Maria Bunda Segala Bangsa. Gua Maria ini diresmikan sebagai tempat ziarah pada 8 Desember 1999 oleh Alm.Uskup Hilarius Moa Nurak, SVD. Di Gua Maria Bunda Segala Bangsa, para peziarah menyempurnakan perziarahan mereka dengan menimba daya Ekaristi yang dipimpin oleh Pastor Lucius Poya, yang berlangsung khidmad di tempat Ziarah. Para peziarah juga di sambut dengan sukacita oleh umat Paroki Belinyu dan melengkapi kunjungan itu dengan santap siang bersama yang disediakan khusus oleh umat Paroki Belinyu untuk para peziarah.

Sepulangnya dari Belinyu, para peziarah juga mengunjungi beberapa tempat religius lainnya seperti Gua Maria Kanaan, dan mengunjungi akan-anak seminari Menengah Mario John Boen. Di Seminari Menegah ini, para peziarah berkesempatan mengabadikan moment kunjungan bersama dengan para seminaris.

Berdasarkan agenda kunjungan yang di buat panitia khusus ziarah, malam harinya akan ada dua kegiatan penting yakni pertemuan pastoral antara Fasilitator Paroki MBPA bersama Fasilitator Paroki S.Yoseph Katedral serta napak tilas ke kuburan Bapa Uskup, dengan rute perjalanan dari Katedral menuju ke area pemakaman yakni kompleks Keuskupan Pangkalpinang.

Pertemuan antar fasilitator MBPA dan fasilitator S.Yoseph Katedral dmulai pukul 19.30. agenda pertemuan yang dibuat adalah sharing pengalaman seputar pastoral Gereja antar dua Paroki serta bagaimana peran serta Fasilitator dalam reksa pastoral Gereja Partisipatif. Kedua kelompok besar fasilitator saling berbagi pengalaman pelayanan masing-masing paroki, sembari memberikan motivasi satu sama lain untuk terus berkarya dalam aneka kegiatan Gereja. Pertemuan ini didampingi oleh Pastor Yoseph, co Parokus Katedral.

Setelah santap malam bersama, kegiatan selanjutnya adalah napak tilas menuju tempat pemakaman Alm.Mgr.Hila. semua fasilitator MBPA, dengan membawa lilin masing-masing, berarak dari Katedral Pangkalpinang menuju lokasi pemakaman dengan jalan kaki sembari mendaraskan doa rosario sepanjang jalan. Perarakan ini dipimpin langsung oleh Parokus Katedral dengan menempuh perjalanan kurang lebih tiga kilo meter jauhnya.

Tiba di pemakaman Alm.Mgr.Hila, para peziarah mendaraskan kembali doa rosario dengan intensi khusus untuk mendoakan Alm. Bapa Uskup, dan para imam yang berkarya di Keuskupan Pangkalpinang. Suasana haru menyelimuti para peziarah yang bersimpuh di seputaran pusara Bapa Uskup yang terkenal sangat dekat dengan Fasilitator ini. Ziarah diakhiri dengan pembakaran lilin di pusara Mgr.Hila juga di Gua Maria Ratu Para Imam yang terletak berdampingan dengan makam Bapa Uskup. Dan Hari Minggu 30 April 2017, sebagian besar peziarah meninggalkan Katedral S.Yoseph Pangkalpinang, kembali ke Paroki MBPA dengan segudang pengalaman iman dan spiritual yang diperoleh dari tempat ziarah.

Kredit Foto : Perjalanan Ziarah Fasilitator AsIPA Paroki MBPA

IMG-20170503-WA0006 Kunjungan Ke seminari Menengah Mario Jhon Boen

IMG-20170502-WA0051 Gua Maria Kanaan – Batu Rusa Bangka

IMG-20170502-WA0035

IMG_20170502_224140_976 Pusara Alm Mgr.Hilarius Moa Nurak, SVD

Reportase
AtanBN

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *