Home JEJAK MISI Keuskupan Pangkalpinang Berusia 100 Tahun di 2023, Akan Dirayakan Secara Khusus

Keuskupan Pangkalpinang Berusia 100 Tahun di 2023, Akan Dirayakan Secara Khusus

by Stefanus Lopis

Pada tahun itu, 100 tahun yang lalu, ditetapkan oleh Paus bahwa wilayah Bangka Belitung juga Kepulauan Riau ditetapkan sebagai Perfektur Apostolik atau kesatuan unit pastoral yang mandiri. 

Pangkalpinang, Berkatnews.com– Gereja Katolik Keuskupan Pangkalpinang akan genap berusia 100 tahun pada 27 Desember 2023 mendatang.

Hal ini diungkapkan Uskup Keuskupan Pangkalpinang Mgr. Adrianus Sunarko OFM dalam sambutannya usai perayaan syukur lustrum pertama tahbisan episkopal, Jumat (23/9/2022) malam.

Profesor Bidang Ilmu Teologi pada unit kerja Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta tersebut menegaskan Keuskupan Pangkalpinang akan merayakannya secara khusus.

“Dalam rangka satu abad itu, kita akan merayakannya secara khusus dan akan dimulai supaya satu tahun persis maka kita akan mulai pada 27 Desember 2022 – 27 Desember 2023 nanti,” kata Uskup Adrianus.

Terkait perayaan tersebut, sambung Uskup Adrianus, panitia akan segera dibentuk. Uskup berharap umat dapat ikut berpartisipasi atas perayaan 100 tahun itu.

Mantan Minister Provinsi Ordo Fratrum Minorum (OFM) Indonesia ini lantas menyampaikan sejarah singkat berdirinya Keuskupan Pangkalpinang.

“Pada tahun itu, 100 tahun yang lalu, ditetapkan oleh Paus bahwa wilayah Bangka Belitung juga Kepulauan Riau ditetapkan sebagai Perfektur Apostolik atau kesatuan unit pastoral yang mandiri. Sebelumnya, kita ikut Batavia lalu setelahnya ikut Sumatera secara umum. Maka pada tanggal 27 Desember 1923, Paus mengeluarkan surat yang menyatakan bahwa kita di Bangka Belitung dan Kepulauan Riau menjadi entitas tersendiri. Itulah yang kemudian berkembang menjadi Keuskupan,” ucap Uskup Adrianus.

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.