Home KategorialKevikepanKevikepan KepriHati St. Maria Tak Bernoda (Tg. Pinang) Wilayah Bintan Segera Jadi Paroki Bintan Timur, Bakal Dilayani Tarekat OFM

Wilayah Bintan Segera Jadi Paroki Bintan Timur, Bakal Dilayani Tarekat OFM

by Stefanus Lopis

PERSIAPAN pembentukan Paroki Bintan Timur menandakan bahwa pertumbuhan umat Katolik di Kepulauan Riau tergolong sangat pesat.

KIJANG, BERKATNEWS– Syukur Kepada Tuhan bahwa sebentar lagi para pastor dari Ordo Fratrum Minorum (OFM) atau Ordo Saudara-Saudara Dina akan ikut berkarya melayani Umat Katolik di Pulau Bintan, Kepulauan Riau (Kepri).

Seperti diketahui, umat katolik di Pulau Bintan tersebut sampai hari ini dilayani para imam Diosesan Keuskupan Pangkalpinang. Gereja-gereja katolik di Pulau Bintan ini masih menginduk ke Paroki Hati Santa Maria Tak Bernoda (HSMTB) Tanjungpinang mulai dari wilayah Uban, Sei Kecil, Berakit, Panglong, Teluk Dalam, Malang Rapat, Galang Batang, Kawal, hingga Kijang.

Bapa Uskup Adrianus Sunarko OFM saat menyampaikan homili, Minggu (12/3).
Foto : Komsos HSMTB)

Uskup Keuskupan Pangkalpinang, Mgr. Adrianus Sunarko, OFM saat memimpin misa penyerahan dari Paroki HSMTB Tanjungpinang ke Tarekat OFM di Gereja Katolik Santo Cosmas dan Damianus Kijang, Minggu (12/3/2023), menjelaskan persiapan pembentukan Paroki Bintan Timur menandakan bahwa pertumbuhan umat Katolik di Kepulauan Riau tergolong sangat pesat.

Bapa Uskup Adrianus bersama para Romo OFM.

Bapa Uskup berharap agar umat Katolik dapat memelihara suka cita dalam persiapan pembentukan paroki ini nantinya.

Pastor Kepala Paroki Hati Santa Maria Tak Bernoda (HSMTB) Tanjungpinang, RD Agustinus Dwi Pramodo sebelumnya mengatakan wilayah Bintan akan memiliki paroki baru, khususnya di wilayah Bintan Timur dan dilayani para Pastor OFM.

β€œBapak Ibu akan dilayani oleh Romo Agung dan Romo Yohanes dari Tarekat OFM,” kata Romo Pramodo.

Potret penyambutan Bapa Uskup dan para Romo OFM yang akan berkarya di Bintan Timur.

Menurut mantan pastor rekan Paroki Sta Bernadeth Pangkalpinang ini, persiapan pembentukan Paroki Bintan Timur menandakan bahwa toleransi dan modernisasi umat beragama di Bintan tergolong sangat baik.

β€œSemua proses adminintrasi berjalan lancar. Tidak ada hambatan, semua berjalan dengan baik. Ini menandakan bahwa toleransi di Bintan tergolong tinggi,” ujar dia.

Oleh sebab itu, dia mengharapkan umat Katolik dapat terus menjaga kerukunan yang telah terjaga dari dulu, dan menghindari gesekan yang menyebabkan terjadinya perpecahan antar umat beragama.

Usai memimpin misa peresmian paroki Kijang, Uskup Pangkalpinang beserta para imam melanjutkan kegiatan ramah tamah dengan umat Katolik yang hadir pada peresmian tersebut.

Diketahui, beberapa Romo akan ditugaskan dalam misi pelayanan di wilayah paroki Bintan Timur ini. Mereka adalah Romo Robertus Agung Suryanto,OFM dan Romo Yohanes Sevi Dohut OFM. (KOMSOS HSMTB)

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.