Perarakan Salib IYD Kevikepan Kepulauan Riau – Keuskupan Pangkalpinang

Setelah diberkati oleh Mgr. Hilarius Moa Nurak pada hari raya orang muda katolik sedunia, minggu, 20 maret 2016 tingkat Keuskupan Pangkalpinang di paroki sta. Bernadeth Papin, salib IYD Kevikepan Kepulauan Riau dengan latar belakang salib ornamen melayu Kepri mulai tanggal 22 maret 2016 diprosesi. Sebagai paroki pertama adalah paroki St. Carolus Borromeus Ujung Beting. Tempat-tempat yang mndapat kunjungan salib IYD; gereja di pulau ujung beting, pulau senayang, pulau senang, pulau sebangka-Limas, Cempa, pulau manik, pulau pulun dan Dabo singkep.

Perarakan dengan menggunakan pompong-perahu merupakan sebuah perjalanan dinamika rohani yang penuh dengan banyak tantangan. Semuanya telah dilewati selama dalam semngat Yesus yang tersalib. Ini dimaksudkan juga Kristus yang tersalib memberkati laut tempat sebagian rakyat lingga umumnya dan khususnya umat katolik di Lingga mencari nafkah.

Rentangan waktu 2-5 jam perjalanan dari satu pulau ke pulau yang lain juga ingin menyapa OMK ujung beting yang selama ini kurang disapa menjadi OMK yang tersapa tidak saja oleh sesamanya tetapi juga oleh Yesus yang tersalib. Selama 17 hari dilaksanakan kini salib ini akan diserahkan ke paroki santa Maria Hati tak bernoda.

sumber: http://orangmudakatolik.net/2016/04/04/perarakan-salib-iyd-kevikepan-kepulauan-riau-keuskupan-pangkalpinang/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *