Home BERITA Paus Fransiskus Angkat Romo Avien Jadi Uskup Baru Tanjungkarang

Paus Fransiskus Angkat Romo Avien Jadi Uskup Baru Tanjungkarang

by Stefanus Lopis

Romo Avien, begitu dia disapa, tampak terharu dan tak kuasa membendung air mata. Dia menerima pelukan hangat dari para rekan imamnya yang hadir sore itu.

Berkatnews.com Setelah sempat “kosong” selama satu setengah tahun, Keuskupan Tanjungkarang, Lampung akhirnya memiliki uskup baru.

Hari ini (kemarin-red) tepat pukul 12.00 waktu Roma atau 18.00 WIB, Paus Fransiskus mengumumkan pengangkatan Romo Vinsensius Setiawan Triatmojo Pr atau yang akrab disapa Romo Avien sebagai Uskup Keuskupan Tanjungkarang yang baru.

Pengumuman Uskup untuk umat Katolik di Lampung ini disampaikan Administrator Apostolik Keuskupan Tanjungkarang, Mgr. Yohanes Harun Yuwono di akhir Perayaan Ekaristi Minggu Adven IV di Gereja Katedral Kristus Raja Tanjungkarang, Sabtu 17 Desember 2022 dan disiarkan langsung YouTube Komsos Keuskupan Tanjungkarang.

Berikut kutipan pengumuman Administrator Apostolik Keuskupan Tanjungkarang Mgr. Yohanes Harun Yuwono.

“Dalam rahasia Kepausan, sengaja saya minta Komsos Keuskupan Tanjungkarang streaming misa ini karena saya ingin mengumumkan yang selama satu setengah tahun ini kita doakan,” kata Uskup Agung Palembang tersebut.

“Saya sudah mendapatkan surat dari kedutaan besar bahwa Bapa Suci telah mengangkat seorang Uskup untuk Keuskupan Tanjungkarang,” sambungnya.

Beliau adalah seorang yang fasih berbahasa Prancis karena pernah di Paris dan tinggal di Collegio MEP (Rumah MEP di Prancis).”

“Seorang yang pandai bermusik, komposer bahkan, pencipta lagu . Dia telah mencipta dua lagu ordinarium misa dalam gaya daerah, dan juga lagu rohani.”

“Pernah menjadi Romo Kepemudaan, tiga kali menjadi Romo Paroki, satu kali di daerah, dua kali di kota.”

“Seorang yang bisa mengepali tiga komisi sekaligus yakni Komis Kitab Suci, Komisi Liturgi, Komisi Katekese. Dulu berkacamata sekarang tidak.”

“Dia adalah Reverendus Dominus Vinsensius Setiawan Triatmojo,” kata Uskup Yuwono.

Terpisah, kabar bahagia tersebut juga diumumkan oleh Uskup Agung Emeritus Palembang, Mgr. Aloysius Sudarso, SCJ.

“Sungguh suatu kehormatan bagi saya, karena dapat meminta Anda mengumumkan kepada Klerus, dan umat Allah di Palembang tentang keputusan Bapa Suci kita, Paus Fransiskus yang mengangkat Romo Vinsensius Setiawan Triatmojo yang Anda tahbiskan sendiri sebagai imam dan yang saat ini menjadi ketua Komisi Kateketik, Kitab Suci, dan Liturgi di Keuskupan Agung Palembang sebagai Uskup Tanjung Karang yang baru,” begitu isi surat Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Piero Pioppo kepada Mgr. Sudarso SCJ.

Mendengar berita ini, Colours Choir, yang merayakan 18 tahun bertepuk tangan.

Romo Avien, tampak terharu dan tak kuasa membendung air mata. Dia menerima pelukan hangat dari para rekan imamnya.

Romo Vinsensius Setiawan Triatmojo lahir di Sindang Jati, 5 April 1971. Ia Studi Filsafat dan Teologi St. Yohanes Pematang Siantar, Sumatera Utara, Studi Licentiate Biblis di Paris, Perancis.

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.