Ignas Kleden : Mgr Hila SVD Telah Menghadirkan Kerajaan Allah

Intelektual Katolik Dr. Ignas Kleden memiliki kesan tersendiri tentang karya Mgr Hilarius Moa Nurak SVD, uskup Pangkalpinang yang wafat pada 29 April 2016 lalu.

“Saya merasa bersyukur bisa hadir dalam kesempatan mengenang 40 hari berpulangnya Mgr Hila SVD ke rumah Bapa,” ungkap Sosiolog UI itu, Selasa 7 Juni 2016.

Menurut Ignas, Mgr Hila SVD adalah seorang Uskup yang menghadirkan Kerajaan Allah secara lebih membumi melalui pastoral Komunitas Basis Gerejani. “Mgr Hila telah memperlihatkan Kerajaan Allah di Keuskupan Pangkalpinang,” tuturnya disambut tepuk tangan ratusan umat yang hadir dalam acara yang digelar di Kapel St Kanisius Menteng, Jakarta itu.

Testimoni tersebut diberikan Sosiolog yang juga filsuf ini dalam kesempatan usai misa 40 hari wafatnya Mgr Hilarius Moa Nurak SVD yang diadakan alumni Seminari Menengah Yohanes Berkhmans Matoloko, Flores, NTT.

Misa requiem itu dipimpin Romo Edu Dogo SJ dan didampingi lima Romo lainnya, dari Keuskupan Pangkalpinang, Ende dan Maumere.

Seperti yang dipantau secara langsung oleh Katoliknews.com misa itu berjalan meriah dan diiringi lagu-lagu liturgi bergenre gregogorian, Flores dan Melayu.

Tobias, salah seorang mantan guru Seminari Mataloko yang saat ini telah menjadi pengusaha di Jakarta, mengakui Mgr Hila sering memujinya karena mereka sama-sama pendidik Seminari.

Hadir dalam misa itu, sesepuh NTT, Blasius Bapa; pengamat politik, Sebastian Salang dan politisi muda PDIP Valens Daki Soo.

sumber: Stefan/Katoliknews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *