Home BERITA KAJ Soal Video Viral Narasi Dukung Anies Presiden: Gereja Katolik Jaga Netralitas

KAJ Soal Video Viral Narasi Dukung Anies Presiden: Gereja Katolik Jaga Netralitas

by Stefanus Lopis

Jakarta, Berkatnews.com– Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) melalui Sekretaris Jendral Romo V. Adi Prasojo membantah isi potongan video yang telah viral dan menghebohkan publik di media sosial berjudul Uskup Katolik Se-Jabodetabek Deklarasi Dukung Anies Presiden.

Video tersebut telah seolah menyiratkan bahwa Gereja Katolik Se-Jabodetabek, mendukung setiap langkah Anies Baswedan untuk menjadi Presiden 2024.

Press release KAJ soal video viral Uskup Jabodetabek dukung Anies Presiden.

Romo Adi menegaskan, Gereja Katolik Indonesia tetap menjaga netralitas dalam kegiatan politik praktis. Tidak ada dukungan yang diberikan kepadaย Anies Baswedan sebagaimana narasi yang beredar.

“Kami tegaskan bahwa hal tersebut tidak benar. Gereja Katolik Indonesia tetap menjaga netralitas dan mendorong proses politik dapat dijalankan dengan menjunjung prinsip dan etika yang diabdikan bagiย bonum communeย (kebaikan bersama),” kata Adi dalam keterangannya seperti dilihat Berkatnews, Jumat (21/10/2022).

Lebih lanjut dikatakan Romo Adi, Keuskupan Agung Jakarta berkomitmen untuk menjaga komunikasi dan membangun kebersamaan dalam membangun bangsa dengan seluruh komponen dari berbagai latar belakang.

Romo Adi juga menegaskan bahwa pertemuan Anies dengan Uskup Agung Jakarta, Kardinal Ignatius Suharyo, di Katedral Jakarta beberapa waktu lalu bukanlah agenda politik.

Sebagimana diketahui, pertemuan yang digelar pada 28 September itu merupakan kunjungan Anies dalam rangka berpamitan sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Dalam kunjungan ini Gubernur Anies Baswedan menyampaikan pamitan bahwa masa tugasnya akan berakhir sebagai Gubernur DKI dan ucapan terima kasih atas kontribusi umat Katolik dalam kerja sama banyak pihak bagi kebaikan bersama,” tukas Romo Adi.

Gereja Katedral Jakarta.

Romo Adi melanjutkan, sebagai pemimpin umat Katolik di Keuskupan Agung Jakarta dan Ketua Konferensi Waligereja Indonesia, Kardinal Ignatius Suharyo memang kerap menerima tamu dari berbagai tokoh.

Namun, dia menegaskan, pertemuan tersebut tidak pernah membahas persoalan politik.

“Sebagai pemimpin umat Katolik di Keuskupan Agung Jakarta dan Ketua Konferensi Waligereja Indonesia, Kardinal Ignatius Suharyo sering menerima tamu dan beraudiensi dengan banyak tokoh dari berbagai latar belakang. Dan selaras dengan prinsip bahwa Gereja Katolik tidak berpolitik praktis, maka dalam pertemuan dan kegiatan tersebut tidak pernah membahas persoalan politik praktis, termasuk dalam pertemuan dengan Bapak Anies Baswedan,” papar dia.

Romo Adi berharap penjelasan dariย Keuskupan Agung Jakartaย dapat menepis kesimpangsiuran informasi akibat beredarnya video tersebut.

“Demikian disampaikan sebagai klarifikasi untuk menghindari kesimpangsiuran informasi akibat beredarnya video tersebut. Semoga dapat dimaklumi dan kami mengajak seluruh pihak untuk terus menjaga kondusivitas kehidupan publik,” tutup Romo Adi.

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.